Citra ramah lingkungan iklan mobil BMW dan VW analisis korelasi makna antara schlagzeile dengan fliesstext dan hubungan antara gambar dan teks pada iklan mobil ramah lingkungan ditinjau dari segi semantik = The eco friendly image of bmw and vw ads the semantical observation of meaning correlation analysis between headline and bodycopy and the correlation between graphics and texts in eco friendly car advertisements
Siska Nirwanti;
Wayan Sutapa, supervisor; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor; Leli Dwirika, examiner
([Publisher not identified]
, 2014)
|
ABSTRACT Guna menanggulangi permasalahan polusi dan kelangkaan bahan bakar fosil yangterjadi saat ini, perusahaan mobil saling berkompetisi untuk menciptakan mobilyang ramah lingkungan; mobil rendah emisi dan hemat bahan bakar. Cara yangefektif untuk memperkenalkan produk terbarunya kepada konsumen adalahdengan menggunakan media iklan. Pemilihan kata yang digunakan dalam iklanadalah hal yang esensial guna menyampaikan ide iklan kepada pembaca iklansecara utuh sehingga tidak ada informasi yang terlewat. Skripsi ini membahaskorelasi makna yang digunakan, baik pada Schlagzeile maupun Fliesstext dalamiklan mobil ramah lingkungan merek BMW dan VW. Skripsi ini juga membahasbagaimana gambar yang digunakan menunjang teks iklan. Dengan menggunakanmetode kualitatif, saya menemukan bahwa tujuh dari delapan iklan yang sayagunakan sebagai korpus data menggunakan kata-kata maupun frasa yangmemiliki korelasi makna satu sama lain dan umumnya merupakan maknaasosiasi. Kata-kata maupun frasa tersebut digunakan untuk membangun citramobil ramah lingkungan. Gambar yang ada pun turut membangun citra ramahlingkungan serta mendukung teks dan diperkuat dengan penggunaan unsur alam,seperti pepohonan, pegunungan, awan, matahari dan juga danau. ABSTRACT In the age of fossil fuel scarcity, today's car manufacturers in Germany competewith each other to create innovative eco-friendly cars: cars that are low inemission and fuel consumption. To educate the market about this new kind ofproduct, auto companies utilize many approaches. One of the most popularapproach is visual advertising. In advertisements, there is the need to use wordseffectively, or else viewers will miss important points of said ads. In this thesis, Iwill discuss the correlation of words used in both Headline and Bodycopy parts ofsome eco-friendly car advertisements by BMW and VW. I will also write abouthow graphics are used to enhance the meaning of those words. Using qualitativemethods, my analyses found that seven out of eight ads uses words and phrasesthat have associative meanings. These words are used to build the image of ecofriendliness.This image is also strengthen by the usage of environment-associatedpictures such as trees, mountains, clouds, or lakes. |
![]()
|
No. Panggil : | S57172 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 79 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57172 | 14-17-741290382 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20386483 |