:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Arsitektur interior Rumah Sakit berdasarkan Evidence-Based Design yang mendukung healing environment ( Studi kasus : RSCM Kencana Jakarta) = Evidence based design Hospital interior architecture that promote healing environment ( Case study : RSCM Kencana Jakarta)

Siti Fitriyanti Wulandari Pakaya; Dalhar Susanto, supervisor; A. Sadili Somaatmadja, supervisor; Sukisno, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Sekarang ini, Rumah Sakit sudah mulai berevolusi dengan cara memberikan upaya penyelenggaraan kesehatan yang lebih baik, yaitu dengan memperbaiki dari segi fisik dan juga pelayanannya. Salah satu yang menjawab kebutuhan konsep rumah sakit saat ini ialah dengan mendesain berdasarkan konsep evidence-based design (EBD). Evidence-based design (EBD) ialah melakukan perancangan yang spesifik atas prinsip desain, yang telah dilakukan riset terlebih dahulu untuk meningkatkan aspek klinis dan kepuasan pasien dan juga staff terkait.
Salah satu penerapan EBD pada rumah sakit ialah membantu menciptakan kualitas ruang yang aman, nyaman dan menyembuhkan (healing environment) bagi pasien, staf dan tenaga medis yang bekerja di rumah sakit. Sehingga tingkat kepuasan dan kesembuhan pasien meningkat dan tingkat stress staf dan tenaga medis yang bekerja menurun yang akan berdampak pada keefektifan kerja dan mengurangi tindakan medical eror terhadap pasien di rumah sakit.

Hospital Nowadays are also try to evolve to be a better hospital by providing a great hospital care and also built a better healthcare environment through physical aspect and constructions. One of the solution to answers that challenge is through doing evidence-based design concept. Evidence-based design is process of getting design decisions based on best evidence through a lot of research beforehand for enhancing safety and promote healing for better healthcare environment.
Evidence-based design that adapted healing environment in hospital planning helps create an interior that reflects hospitality and create such a healing environment for patients, caregivers and also other users of hospital, so patients will have less stress and get well sooner while the staff will more active for doing their jobs and avoid doing medical errors to the patients in hospital.

 File Digital: 1

Shelf
 S56090-Siti Fitriyanti Wulandari Pakaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S56090
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 62 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56090 14-21-10178251 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20386666