:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbanyakan buku untuk kepentingan pendidikan dalam perspektif hak cipta analisis terhadap penyedia jasa fotokopi = Reproduction of books for educational purposes based on copyright law perspective analysis for photocopy services

Catur Nugraheni; Brian Amy Prastyo, supervisor; Agus Sardjono, examiner; Ranggalawe Suryasaladin, examiner; Henny Marlyna, examiner ([, Universitas Indonesia], 2014)

 Abstrak

[ABSTRAK
Hampir seluruh penyedia jasa fotokopi di Indonesia ini pasti pernah menfotokopi bahan-bahan berhak cipta seperti buku dan karya tulis lainnya. Rata-rata mereka memperbanyak buku tanpa takut adanya tuntutan pelanggaran hak cipta oleh karena mereka bernaung kepada istilah untuk kepentingan pendidikan. Padahal, kepentingan pendidikan yang dimaksud dalam hak cipta ini mengandung aturan main tersendiri sebagaimana diatur dalam doktrin penggunaan yang wajar (fair use) dari Amerika Serikat. Pembahasan skripsi ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan ketentuan hukum hak cipta dan doktrin fair use. Kepentingan pendidikan dalam kerangka fair use adalah kepentingan pendidikan yang bersifat non-komersial dan dilaksanakan oleh lembaga non-komersial pula. Sementara itu, tindakan perbanyakan buku oleh penyedia jasa fotokopi bukan merupakan tindakan kepentingan pendidikan yang dikehendaki oleh aturan main doktrin fair use. Oleh karena itu, agar tidak melanggar ketentuan hak cipta, perbanyakan buku oleh penyedia jasa fotokopi ini harus harus melalui prosedur izin terhadap pemegang hak cipta (penerbit buku dan/atau penulis naskah buku), sementara perbanyakan buku oleh instansi pendidikan dibatasi porsinya menggunakan perangkat aturan semacam Calssroom Guidelines dari Amerika Serikat.

ABSTRACT
, Almost all the photocopy services in Indonesia have ever photocopied several
copyrighted materials such as books and other writings. They reproduce the books
without fear of copyright infringement claims because they are ruled by the terms
of educational purposes. In fact, the educational purposes which are ruled by
copyright law have their own rules as stipulated in the doctrine of fair use of the
United States. This study examined the meaning of educational purposes based on
the values that exist within the fair use doctrine. The issues of this study were
examined using qualitative methods, copyright law, and fair use doctrine.
Educational purposes accommodated by fair use doctrine are noncommercial
educational uses and are implemented by noncommercial institutions as well.
Meanwhile, the reproduction of books by the photocopy services is not a
reproduction for educational purposes according to the fair use doctrine. Thus, in
order not to infringe the copyright law, the reproduction of books by the
photocopy services have to obtain the permission (license) from copyright holder,
while the reproduction of books by the educational institutions use a term of
limitation such as Classroom Guidelines from United States.]

 File Digital: 1

Shelf
 S55928-Catur Nugraheni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S55928
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [, Universitas Indonesia], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 168 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S55928 14-18-277234434 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20386899