:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Opini going concern, tingkat ketergantungan auditor pada klien, dan pergantian auditor: studi empiris pada perusahaan kesulitan keuangan di bursa efek indonesia tahun 2007-2012 = Going concern opinion auditor dependence and auditor switching empirical study on financially distressed companies on indonesian stock exchange 2007-2012

Ahmad Syaifuddin; Fitriany, supervisor; Aria Farah Mita, examiner; Viska Anggraita, examiner (Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini menguji pengaruh tingkat ketergantungan auditor pada klien terhadap opini going concern dan opinion shopping terhadap pergantian auditor pada perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2012. Tingkat Ketergantungan Auditor pada Klien dilihat dari ukuran KAP, masa penugasan audit dan fee audit. Sedangkan opinion shopping diukur dengan menggunakan model yang dikembangkan Lennox (2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena opinion shopping tidak terjadi di Indonesia. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa opini going concern pada perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan tidak dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan auditor pada klien.

This study investigates the effect of auditor dependence on going concern opinion and opinion shopping on auditor switching in financially distressed companies that listed in Indonesia Stock Exchange during 2007-2012. Auditor dependence was measured by auditor size, audit tenure, and audit fee. Opinion shopping was measured by model which developed by Lennox (2000). The result of this study shown that opinion shopping does not occur in Indonesia. Furthermore, this study also found that going concern opinion in financially distressed companies are not affected by auditor dependence.

 File Digital: 1

Shelf
 S55423-Ahmad Syaifuddin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S55423
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 112 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S55423 14-18-557658445 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387295