[ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai perbedaan perilaku nurturing dalam interaksi ibu anak usia toddler antara ibu berusia remaja yang mengalami kehamilan terencana dan ibu berusia remaja yang mengalami kehamilan di luar pernikahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi sebagai metode pengambilan datanya. Alat ukur Marschak Interaction Method Rating System (O'Connor, Ammen, Hitchcok, & Backman, 2001) digunakan untuk mengkuantifikasikan hasil observasi. Dengan menggunakan pengujian statistik Independent Sample t-Test, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang siginifikan pada skor rata-rata perilaku nurturing dalam interaksi ibu-anak usia toddler antara ibu berusia remaja yang mengalami kehamilan terencana dan kehamilan di luar pernikahan (t(58) = - 0,021, p < 0,05). Kedua kelompok memperoleh skor rata-rata perilaku nurturing yang cenderung rendah. Selain itu, terdapat faktor lain yang dapat membedakan perilaku nurturing dari ibu berusia remaja, yaitu usia ibu, pendidikan terakhir, dan status sosial ekonomi. ABSTRACT, The focus of this study is to differentiate the nurturing behavior in mother-toddlerinteraction between planned pregnancy adolescent mother and premaritalpregnancy adolescent mother. This study used observation method in collectingthe data. As this study is a quantitative research, The Marschak InteractionMethod Rating System (O’Connor, Ammen, Hitchcock, & Backman, 2001) isused to quantify the result of observation. Using the Independent Sample t-Test,result shows that there is no significant differences of nurturing behavior inmother-child interaction between planned pregnancy adolescent mother andpremarital pregnancy adolescent mother with toddler (t(58) = - 0,021, p < 0,05).Both of them have a low score in nurturing behavior. Furthermore, maternal age,maternal education, and socioeconomic status (SES) could differentiate thenurturing behavior of adolescent mother.Key words:Nurturing behavior, mother-child interaction, adolescent] |