:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tingkat pengetahuan sikap dan perilaku mengenai penyakit jantung koroner pada kelompok remaja dan dewasa di Jakarta Barat tahun 2012 = Level of health knowledge attitude and practice about coronary heart disease among teenagers and adults in West Jakarta in 2012

Samuel Wibowo; Saptawati Bardosono, supervisor; Saptawati Bardosono, examiner; Martina W. Nasrun, examiner (Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Salah satu di antara penyakit tidak menular yang memiliki prevalensi terbanyak dan tingkat mortalitas serta morbiditas yang tinggi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki faktor risiko yang tidak dapat diubah. Hal ini membuat pencegahan akan penyakit tersebut menjadi lini pertama dan terutama dalam menanggulanginya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat di Jakarta Barat pada sekelompok usia remaja dan dewasa serta menilai hubungan antara ketiganya. Adapun studi yang digunakan adalah berupa studi analitik cross sectional observasional lewat pembagian kuesioner tervalidasi. Total sampel yang digunakan adalah sebanyak 108 sampel berupa data primer yang terbagi atas 54 kategori remaja dan 54 kategori dewasa yang tinggal di suatu wilayah di Jakarta Barat. Dari hasil penelitian, diperoleh 33 remaja (61,11%) dan 34 dewasa (63 %) yang berpengetahuan "kurang". Tingkat sikap yang diperoleh adalah terdapat 11 remaja (20,3 %) dan 39 dewasa (72,2 %) yang bersikap "kurang". Tingkat perilaku yang didapat adalah 25 remaja (46,3 %) dan 15 dewasa (27,78 %) yang berperilaku kurang. Studi analitik kemudian menunjukkan tidak adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat sikap yang dimiliki dengan tingkat perilaku yang didapat baik pada remaja maupun dewasa (nilai p > 0.05). Kesimpulan dari peneliti adalah masih banyaknya tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku dengan kategori "kurang" pada kelompok remaja dan dewasa namun tidak memiliki hubungan bermakna sehingga perlu adanya intervensi khusus di luar ketiga hal tersebut untuk perubahan perilaku masyarakat di Jakarta Barat.

According to World Health Organization, there has been a shift of change in course of disease where non infectious diseases have primarily become the main problem. Coronary heart disease is an example of non infectious disease which has many risk factors contributing the disease itself. The objective of this study is to obtain the level of health knowledge, attitude, and practice on coronary heart disease and its risk factors among community in West Jakarta and furthermore investigate whether there is a relation between those factors among teenagers and adults. Cross sectional study was carried out on 108 volunteers, which consist of 54 teenagers and 54 adults, at a community in West Jakarta using multistage random sampling. Standard questionnaire at a total of 20 questions was used to interview those volunteers. Level of knowledge, attitude, and behavior first was computed based on total correct answers and then categorized according to total score of each respondents. There are 33 teenagers (61,11 %) and 34 adults (63 %) in level of knowledge, 11 teenagers (20,3 %) and 39 adults (72,2 %) in level of attitude, and 25 teenagers (46,3 %) with 15 adults (27,8 %) in level of practice that belong to category ?poor?. Analitic study shows that there are no relation between level of knowledge and attitude in accordance to the level of attitude neither in teenagers nor in adults (p > 0.05.This is the first study of surveillance of health knowledge, attitude, and behaviour in West Jakarta about coronary heart disease.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Samuel Wibowo .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 70 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-526377818 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387386