:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat klien dengan halusinasi di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerjan Jakarta = The relationship between family support clients with compliance with drinking drug hallucinations in Mental Hospital Polyclinic Suharto Heerjan Jakarta

Apriana Nona Linggu; Ice Yulia Wardani, supervisor; Mustikasari, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Dukungan keluarga adalah sikap, tindakan dan penerimaan keluarga terhadap penderita yang sakit khususnya penderita halusinasi. Dukungan keluarga yang kurang dapat menurunkan motivasi pasien untuk melakukan perawatan kesehatan dalam hal kepatuhan minum obat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada klien dengan halusinasi.
Disain penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional) menggunakan sampel sebesar 100 responden yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling Methods (PSM). Instrumen yang digunakan adalah Instrumen dukungan keluarga yang sudah dimodifikasi dari Friedmen dan WHO serta kuisioner kepatuhan minum obat yang sudah dimodivikasi dari Medication Adherence Ratting Scale (MARS) for the psychoses dari Thompson.
Hasil penelitian penelitian menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan implikasi untuk pengelolaan keluarga dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan.

Family support is an attitude, action and family acceptance towards ill patients, especially patients with hallucinations. Support families who are less able to lower the patient's motivation to make health care in terms of medication adherence. This study aims to identify the relationship of family support with medication adherence in clients with hallucinations.
The design of this study is the correlation with the analytic cross sectional (cross-sectional) used a sample of 100 respondents were selected by purposive sampling technique Methods (PSM). Instrument The instrument used was the modified family support from WHO and questionnaires Friedman and drug compliance of the modified Ratting Medication Adherence Scale (MARS) for the psychoses of Thompson.
The results of the research study found that there is a significant relationship between family support with medication adherence. The results of this study are expected to have implications for the management of the family with the implementation of health education.

 File Digital: 1

Shelf
 S56698-Apriana Nona Linggu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S56698
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 56 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56698 14-18-698867555 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387520