ABSTRAK Skripsi ini berfokus pada pembentukan programming melalui proses pengalaman ruang pengguna dengan alat pancaindera dan gerak terkait dengankeberadaan media digital interaktif di ruang publik. Kehadiran media digitalinteraktif memiliki potensi dalam mengembangkan programming pada ruangpublik baik berupa reprogramming maupun deprogramming. Hal ini dapat terjadidengan masing-masing pengguna mengalami ruang secara aktif denganmenggunakan media digital interaktif hingga membentuk kombinasi event yangrepetitif dan memberikan kebiasaan baru. Persepsi dalam mengalami ruang jugadapat dipengaruhi oleh keberadaan media digital interaktif terhadap elemen ruangitu sendiri. Pemahaman akan peran kehadiran media digital interaktif di ruangpublik ini dapat memberikan perspektif baru dalam perancangan arsitektur. ABSTRACTThis study focuses on the establishment of programming experience through users senses and movement associated with the presence of interactivedigital media in public spaces. The presence of interactive digital media has thepotential to develop programming in public spaces either through deprogrammingor reprogramming. This can occur with each of the user actively experience spaceusing interactive digital media to form the combination of repetitive events andprovide new habits. Perception in the space experience can also be influenced bythe presence of interactive digital media in relation to spatial elements. Anunderstanding of the role of interactive digital media presence in a public spacecan provide a new perspective in the design of architectural. |