Pendidikan tentang vitamin A terhadap perubahan pengetahuan vitamin A pada Pelajar Pondok Pesantren Tapak Sunan 2011 = The education about vitamin a towards changes of vitamin a knowledge amongst students of Pondok Pesantren Tapak Sunan 2011
(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013)
|
[Kurangnya gizi pada anak dan remaja masih menjadi masalah yang mendunia,khususnya vitamin A yang memiliki peran yang sangat penting dalampertumbuhan dan perkembangan. Indonesia masih termasuk dalam negara denganpenduduk yang memiliki angka kecukupan gizi vitamin A yang kurang. Ini bisadisebabkan selain kondisi ekonomi mereka, tapi juga karena kurangnyapengetahuan mengenai manfaat vitamin A. Penelitian ini dilakukan untukmengetahui pengaruh pemberian edukasi mengenai nutrisi terhadap pengetahuanvitamin A pada sekelompok remaja.Sasaran penelitian ini adalah siswa - siswi di pesantren Tapak Sunan, Condet,Jakarta Timur dengan usia 14 – 19 tahun. Sebanyak 68 siswa berpartisipasi dalampenelitian ini. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisi sebelum dan setelahdiberikan edukasi nutrisi. Informasi yang didapat kemudian diuji denganmenggunakan metode Wilcoxon dan McNemar. Hasil penelitian menunjukanbahwa edukasi nutrisi yang diberikan berpengaruh cukup signifikan dengan nilaipost-test. Uji statistik Wilcoxon menunjukan bahwa pemberian edukasi memilikiperan yang signifikan dengan perubahan nilai post-test. Uji statistik McNemarjuga menunjukan adanya perubahan nilai yang signifikan sebelum dan setelahpemberian edukasi (p = 0.006).Kesimpulannya: Edukasi nutrisi yang diberikan cukup efektif dalammeningkatkan pengetahuan remaja tentang vitamin A., The lack of nutrition amongst children and adolescence is still a worldwideproblem, especially vitamin A that plays an important role in process of growthand development. Indonesia is listed as one of the country with low recommendeddietary allowance of vitamin A. This can be cause not only by their economicstatus, but also the lack of knowledge about the benefit of vitamin A. Thisresearch is conducted to learn the effect of nutritional education towards theknowledge of vitamin A in a group of adolescent. The research is done to a groupof students in pesantren Tapak Sunan, Condet, East Jakarta with age range of 14– 19 years. A number of 68 students participated in this research. Data is collectedby questionnaire that is given before and after the nutritional education. Theinformation that is obtained was then tested using the Wilcoxon and McNemarmethod. The result of the research shows that the nutritional education that wasgiven has a significant effect towards the post-test score. Data analysis usingWilcoxon shows that the nutritional education has a significant role in the changesof post-test level of knowledge (p = < 0.001). McNemar data analysis alsorevealed significant changes before and after the provision of education (p =0.006)Conclusion: The nutritional education that was given is effective in increasing theknowledge of adolescent about vitamin A.] |
![]()
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xii, 44 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387600 |