:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perubahan pengetahuan mengenai kalsium setelah diberikan edukasi mengenai nutrisi kepada remaja usia 14-19 tahun : studi pre post intervensi di Pesantren Tapak Sunan Condet Jakarta Timur 2011 = Changes of calcium knowledge after provision of nutritional education to adolescent age 14 19 years pre post interventional : study in Pesantren Tapak Sunan Condet East Jakarta 2011

Keiko Yolanda Gunardi; Saptawati Bardosono, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Prevelansi penduduk Indonesia yang tidak mendapatkan angka kebutuhan kalsium yang cukup pada masa tumbuh kembang masih relatif tinggi. Anak usia sekolah dan remaja khususnya adalah yang berisiko tinggi pada keadaan ini. Penyebabnya tidak hanya dikarenakan latar belakang status ekonomi mereka saja, namun juga dikarenakan kekurangan informasi mengenai betapa pentingnya mengkonsumsi kalsium di kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi nutrisi terhadap pengetahuan kalsium pada murid-murid di sebuah pesantren di Jakarta Timur, tahun 2011. Metode penelitian ini menggunakan pre-post intervention design. Sebanyak 67 murid berusia remaja berpartisipasi di dalam penelitian ini, dibagi menjadi dua kategori yaitu 34 murid laki-laki dan 33 murid perempuan. Data diperoleh dengan mengisi kuesioner yang dibagikan sebelum edukasi dan setelah penyampaian edukasi (pretest dan posttest).
Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan SPSS version 21 dan data dianalisa menggunakan McNemar test dan Wilcoxon test menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara edukasi yang telah diberikan dengan nilai posttest. Hasil McNemar test menunjukan tidak signifikan (p = 0.304) dan Wilcoxon test juga menunjukan hasil yang insignifikan (p = 0.379).

The prevalence of Indonesian population who do not get proper calcium intake during their growth and development period is high, in which school-aged children and adolescence are at greatest risk for this condition. Not only due to their economical background, but also it may be caused by their insufficiency of information regarding the importance of calcium consumption in daily lives.
This research aims to evaluate the effect of nutritional education towards the calcium knowledge among pesantren student located in East Jakarta, in the year of 2011. The research method that is used is the pre-post intervention design. Approximately 67 students were divided into two categories, male and female students (34 male students & 33 female students) were given two questionnaires before the nutritional education (pre-test) and after the education (post-test).
The results from the examination were processed by using SPSS version 21, then the data were analyzed using McNemar study and Wilcoxon test. From the results, we can conclude that there is no significant difference between the score of pre-test and post-test. McNemar study shows no significant relationship (p = 0.304), and Wilcoxon test also shows not significant results (p = 0.379).

 File Digital: 1

Shelf
 S-Keiko Yolanda Gunardi .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 45 hlm. : ill. ; 28 cm. +lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-34118801 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387601