:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh jenis kelamin dan tingkat pendidikan terhadap clustering dan switching pada tugas kelancaran semantik = The effect of sex and level of education on clustering and switching in semantic fluency task / Claudya Carolina

([Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia], 2014)

 Abstrak

[Tugas kelancaran semantik merupakan salah satu tes neuropsikologis yang sedang
dikembangkan di Indonesia. Sampai saat ini, belum ada penelitian di Indonesia yang
dilakukan untuk menginvestigasi strategi kognitif yang dilakukan partisipan saat
mengeluarkan performanya pada tugas kelancaran semantik, yaitu clustering dan
switching. Sejumlah studi di beberapa negara menemukan bahwa terdapat perbedaan
antara laki-laki dan perempuan dalam melakukan clustering dan switching pada tugas
kelancaran semantik. Sementara itu, studi lain menemukan perbedaan clustering dan
switching pada partisipan di tingkat pendidikan berbeda. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh jenis kelamin dan tingkat pendidikan
terhadap clustering dan switching tersebut. Peneliti melakukan analisis clustering dan
switching dari tugas kelancaran semantik terhadap 157 partisipan sehat yang berasal
dari jenis kelamin dan tingkat pendidikan berbeda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat pendidikan merupakan satu-satunya variabel yang mempengaruhi
clustering dan switching pada tugas kelancaran semantik. Sementara itu, tidak
ditemukan adanya pengaruh jenis kelamin maupun pengaruh interaksi antara jenis
kelamin dan tingkat pendidikan terhadap clustering dan switching. Maka dari itu,
peneliti menyimpulkan bahwa pendidikan adalah salah satu faktor yang dapat
berpengaruh terhadap kemampuan kognitif, khususnya yang terlibat dalam clustering
dan switching tersebut., Semantic fluency task is one of the neuropsychological assessment that is being
developed in Indonesia. To date, there was no previous research in Indonesia that had
been conducted to investigate the clustering and switching strategies on semantic
fluency task. A number of studies in some countries showed that there was a
difference between men and women on clustering and switching in semantic fluency
task. Meanwhile, another studies revealed that there were clustering and switching
differences between participants from different level of educational background. The
purpose of this study was to evaluate whether there was an effect of sex and level of
education on clustering and switching. One hundred and fifty seven male and female
participants who come from different educational level were analyzed on clustering
and switching in semantic fluency task. The results suggested that educational level
was the only factor which influenced clustering and switching scores. Besides, there
was no effect on sex or interaction between sex and level of education on that scores.
Therefore, it can be concluded that education is one of the factor influencing
cognitive ability, especially in clustering and switching.]

 File Digital: 1

Shelf
 S55791-Claudya Carolina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S55791
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : [text ]
Tipe Media : [unmediated ; computer ]
Tipe Carrier : [volume ; online resource ]
Deskripsi Fisik : xiii, 113 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S55791 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387797