Pengaruh jenis kelamin dan tingkat pendidikan terhadap clustering dan switching pada tugas kelancaran semantik = The effect of sex and level of education on clustering and switching in semantic fluency task / Claudya Carolina
([Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia], 2014)
|
[Tugas kelancaran semantik merupakan salah satu tes neuropsikologis yang sedangdikembangkan di Indonesia. Sampai saat ini, belum ada penelitian di Indonesia yangdilakukan untuk menginvestigasi strategi kognitif yang dilakukan partisipan saatmengeluarkan performanya pada tugas kelancaran semantik, yaitu clustering danswitching. Sejumlah studi di beberapa negara menemukan bahwa terdapat perbedaanantara laki-laki dan perempuan dalam melakukan clustering dan switching pada tugaskelancaran semantik. Sementara itu, studi lain menemukan perbedaan clustering danswitching pada partisipan di tingkat pendidikan berbeda. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui apakah terdapat pengaruh jenis kelamin dan tingkat pendidikanterhadap clustering dan switching tersebut. Peneliti melakukan analisis clustering danswitching dari tugas kelancaran semantik terhadap 157 partisipan sehat yang berasaldari jenis kelamin dan tingkat pendidikan berbeda. Hasil penelitian menunjukkanbahwa tingkat pendidikan merupakan satu-satunya variabel yang mempengaruhiclustering dan switching pada tugas kelancaran semantik. Sementara itu, tidakditemukan adanya pengaruh jenis kelamin maupun pengaruh interaksi antara jeniskelamin dan tingkat pendidikan terhadap clustering dan switching. Maka dari itu,peneliti menyimpulkan bahwa pendidikan adalah salah satu faktor yang dapatberpengaruh terhadap kemampuan kognitif, khususnya yang terlibat dalam clusteringdan switching tersebut., Semantic fluency task is one of the neuropsychological assessment that is beingdeveloped in Indonesia. To date, there was no previous research in Indonesia that hadbeen conducted to investigate the clustering and switching strategies on semanticfluency task. A number of studies in some countries showed that there was adifference between men and women on clustering and switching in semantic fluencytask. Meanwhile, another studies revealed that there were clustering and switchingdifferences between participants from different level of educational background. Thepurpose of this study was to evaluate whether there was an effect of sex and level ofeducation on clustering and switching. One hundred and fifty seven male and femaleparticipants who come from different educational level were analyzed on clusteringand switching in semantic fluency task. The results suggested that educational levelwas the only factor which influenced clustering and switching scores. Besides, therewas no effect on sex or interaction between sex and level of education on that scores.Therefore, it can be concluded that education is one of the factor influencingcognitive ability, especially in clustering and switching.] |
S55791-Claudya Carolina.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S55791 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | [text ] |
Tipe Media : | [unmediated ; computer ] |
Tipe Carrier : | [volume ; online resource ] |
Deskripsi Fisik : | xiii, 113 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S55791 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387797 |