:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Usia menarche tidak berhubungan dengan perilaku seksual remaja = Age of menarche does not relate to sexual behaviour in adolescent

Nadia Putri Maretta; Imami Nur Rachmawati, supervisor; Hayuni Rahmah, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Usia menarche yang semakin dini dari tahun ke tahun menunjukkan adanya suatu tren pada usia menarche remaja perempuan. Menarche merupakan salah satu ciri remaja perempuan telah mengalami pubertas. Menarche mengakibatkan munculnya dorongan seksual pada remaja yang dimulai dengan ketertarikan pada lawan jenis dan berujung pada perilaku seksual berisiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara usia menarche dan perilaku seksual remaja. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang, melibatkan 119 sampel siswa perempuan sekolah menengah pertama di Depok berusia 12-17 tahun. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada bulan April 2014, dengan menggunakan kuisioner baku dari BKKBN, yang telah di uji coba terlebih dahulu.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara usia menarche dengan perilaku seksual remaja (p=0,187 ; p>0,05), dengan rerata usia menarche remaja adalah 12,65 ± 1,01 tahun. Selain itu diperoleh juga lebih dari seperempat jumlah responden telah melakukan perilaku seksual beresiko berat. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar pendidikan kesehatan reproduksi di berikan pada tiap tahap perkembangan anak.

Earlier age of menarche indicates a trend age of menarche. Menarche is one of girl?s characteristic who has been in puberty. Menarche resulted in the emergence of teenager?s sexual incitement that starts with an attraction to opposite gender and lead to high risk sexual behavior eventually. The purpose of this research is to find out the correlation between age of menarche and sexual behavior in adolescent. The design of research is cross sectional, with 119 respondens who are girl students from junior high school with range of age between 12-17 years old in Depok. The data collection was conducted on April 2014, using quetionaire from BKKBN that has been tested. The result shows that there is no a meaningful correlation between the age of menarche with sexual behavior in teenager (p=0,18 ; p>0,05), and the average age of menarche is 12,65± 1,01 year. Moreover, the research also finds that a quarter of the responden have done high risk sexual behavior. This research recommend to health education of female reproduvtive system must be given to every step of child development.

 File Digital: 1

Shelf
 S55290-Nadia Putri Maretta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S55290
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 63 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S55290 14-19-200151256 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20387859