:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan lama belajar di sekolah dengan keterampilan sosial anak usia sekolah di kota depok = Relationship of school period with school age children s social skill in depok

Nurussafitri Laila Anawati; Fajar Tri Waluyanti, supervisor (Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Keterampilan sosial sebagai bagian dari perkembangan sosial penting bagi kehidupan sosial anak. Akhir-akhir ini banyak berkembang sekolah yang menerapkan sistem full day dengan lama belajar di sekolah yang lebih lama daripada sekolah konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama belajar di sekolah dengan keterampilan sosial anak usia sekolah di kota Depok. Desain penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan crosssectional digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan penghitungan cluster sampling, sebanyak 425 anak usia sekolah, baik itu full day dan non-full day yang berpartisipasi dalam penelitian, diminta untuk mengisi kuesioner tentang keterampilan sosial yang merupakan modifikasi dari beberapa kuesioner yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama belajar di sekolah dengan keterampilan sosial anak usia sekolah di kota Depok (p=0,165). Akan tetapi, dari hasil penelitian ini diketahui bahwa 52% anak menunjukkan keterampilan sosial yang kurang. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak melalui kegiatan belajar dan aktivitas di sekolah.

Social skill, as part of social development, is important for children social life. Nowadays, there are a lot of schools, called full day school, that develop a system in which their school period is longer than any other conventional school. This study aims to know the relationship of school period with school-age children`s social skill in Depok. A correlational descriptive study and cross sectional method was used as the research design. Based on cluster sampling technique, a total of 425 school-age children of full day and non-full day schools was participated in the study and asked to fulfill a social skill questionnaire. The study yielded no significant relationship between school period and school-age children`s social skill in Depok (p=0,165). This study also showed that 52% of school-age children had less social skill. Therefore, it is important to improve children`s social skill through school activity and learning.

 File Digital: 1

Shelf
 S56559-Nurussafitri Laila Anawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S56559
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 48 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56559 14-21-262270655 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388042