[Kualitas tidur yang buruk dipercaya dapat mempengaruhi kondisi fisik, psikologis, dankognitif. Penelitian ini membahas tentang hubungan kualitas tidur mahasiswa dengantingkat stres, kecemasan, dan depresi. Desain yang digunakan adalah analitik denganpendekatan potong lintang. Penelitian ini melibatkan 220 mahasiswa keperawatansebagai responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumenyang digunakan adalah Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan Depression, Anxiety,and Stress Scale-21 (DASS-21). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antarakualitas tidur dengan tingkat kecemasan (p<0.001), tetapi tidak ada hubungan kualitastidur dengan stres dan depresi (p=0,12; p=0,086). Akan tetapi, ditemukan bahwamahasiswa berkualitas tidur buruk memiliki tingkat stres dan depresi yang lebih tinggi.Kegiatan untuk menurunkan tingkat kecemasan, stres, dan depresi yang tepat perludiprogramkan secara terstruktur di program studi, dan perlu penelitian lebih lanjuttentang terapi yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur., Poor sleep quality is believed can affect the physical, psychological, and cognition. Thisstudy aimed to determine the correlation between sleep quality and levels of stress,anxiety, and depression. Design of this study was analytical with cross sectionalapproach. This study used Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) and Depression,Anxiety, and Stress Scale-21 (DASS-21) as instruments. There were 220 nursingstudents who participated and chosen by stratified random sampling technique. Theresults showed there were an association between sleep quality with levels of anxiety(p<0,001). Although, there were no correlation between sleep quality with stress anddepression (p=0.12 and p=0.086), it was found that students which have bad sleepquality also have the higher level in stress and depression. The structured activities toreduce levels of anxiety, stress, and depression should be programmed by studyprogram. Researcher suggested for next research to explore how to improve sleepquality] |