:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Wacana iklan produk wewangian dalam katalog Oriflame Tahun 2013 = The discourse of fragrance advertisement printed in Orfilame's catalogue 2013 / Wulan Sari

(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Skripsi ini meneliti wacana iklan produk wewangian dalam katalog Oriflame tahun 2013 dari segi suprastruktur wacana dan alat kohesi yang membangun wacana. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan suprastruktur dan alat-alat kohesi yang membangun wacana. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Data penelitian terdiri atas wacana produk wewangian Felicity, Delicacy, Pretty Swan, Lovely Garden, Paradise, Native Force, Rival, dan Power Musk.
Berdasarkan penelitian, seluruh wacana memiliki suprastruktur yang berupa judul atau headline, bodycopy, splash, nomor halaman, dan elemen visual. Elemen visual yang selalu mendukung setiap wacana terdiri atas model, latar tempat, logo dan foto produk.
Sementara itu, kohesi yang tampak dalam kedelapan wacana ialah referensi, elipsis, konjungsi, dan kohesi leksikal. Bentuk kohesi yang berupa subsitusi hanya tampak dalam wacana Delicacy. Sementara itu, kohesi leksikal berupa reiterasi yang terdapat di dalam seluruh wacana ialah repetisi dan hiponimi. Bentuk kohesi leksikal yang berupa kolokasi juga terdapat dalam seluruh wacana dan memiliki hubungan unordered lexical sets.
, This undergraduate thesis analyzes is the suprastructure and cohesion in discourse of fragrance advertisement printed in Oriflame’s catalogue 2013. The purpose of this research is to describe the suprastructure and cohesive devices in fragrance advertisement printed in Oriflame’s catalogue 2013. There are eight text namely Felicity, Delicacy, Pretty Swan, Lovely Garden, Paradise, Native Force, Rival, dan Power Musk. The research shows that suprastructure of all fragrance ads consist of headline, bodycopy, splash, page number, and picture or visual element. The visual element is supported by models, ilustration or setting, and product shot. Each text has a different ilustration based on their theme.
Beside, all of text have cohesive devices such as references, ellipsis, conjunctions, and lexical cohesion (reiteration and collocation). The substitution only found on Delicacy. Meanwhile, the reiteration manifested in repetition and superordinates or hyponyms found in all discourses. All of text have a collocation with unordered lexical sets relation.]

 File Digital: 1

Shelf
 S56363-Wulan Sari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S56363
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : [text ]
Tipe Media : [unmediated ; computer ]
Tipe Carrier : [volume ; online resource ]
Deskripsi Fisik : xiii, 160 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56363 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388162