[Skripsi ini meneliti wacana iklan produk wewangian dalam katalog Oriflame tahun 2013 dari segi suprastruktur wacana dan alat kohesi yang membangun wacana. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan suprastruktur dan alat-alat kohesi yang membangun wacana. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Data penelitian terdiri atas wacana produk wewangian Felicity, Delicacy, Pretty Swan, Lovely Garden, Paradise, Native Force, Rival, dan Power Musk.Berdasarkan penelitian, seluruh wacana memiliki suprastruktur yang berupa judul atau headline, bodycopy, splash, nomor halaman, dan elemen visual. Elemen visual yang selalu mendukung setiap wacana terdiri atas model, latar tempat, logo dan foto produk.Sementara itu, kohesi yang tampak dalam kedelapan wacana ialah referensi, elipsis, konjungsi, dan kohesi leksikal. Bentuk kohesi yang berupa subsitusi hanya tampak dalam wacana Delicacy. Sementara itu, kohesi leksikal berupa reiterasi yang terdapat di dalam seluruh wacana ialah repetisi dan hiponimi. Bentuk kohesi leksikal yang berupa kolokasi juga terdapat dalam seluruh wacana dan memiliki hubungan unordered lexical sets., This undergraduate thesis analyzes is the suprastructure and cohesion in discourse of fragrance advertisement printed in Oriflame’s catalogue 2013. The purpose of this research is to describe the suprastructure and cohesive devices in fragrance advertisement printed in Oriflame’s catalogue 2013. There are eight text namely Felicity, Delicacy, Pretty Swan, Lovely Garden, Paradise, Native Force, Rival, dan Power Musk. The research shows that suprastructure of all fragrance ads consist of headline, bodycopy, splash, page number, and picture or visual element. The visual element is supported by models, ilustration or setting, and product shot. Each text has a different ilustration based on their theme.Beside, all of text have cohesive devices such as references, ellipsis, conjunctions, and lexical cohesion (reiteration and collocation). The substitution only found on Delicacy. Meanwhile, the reiteration manifested in repetition and superordinates or hyponyms found in all discourses. All of text have a collocation with unordered lexical sets relation.] |