[Lingkungan sebuah perusahaan multinasional di salah satu kawasanperkantoran Jakarta Selatan menunjukkan adanya intensi lain dalam perilakumenggosip, yaitu lebih dari sekadar mendapatkan pengetahuan tetapi jugamelanggengkan relasi. Sebagai sebuah institusi bisnis formal, PT Robert BoschIndonesia membentuk sistem alur komunikasi organisasi yang digunakan untukmencapai tujuan perusahaan. Akan tetapi, sebagai makhluk sosial, karyawanperusahaan tidak hanya mengaktifkan komunikasi formal, tetapi juga komunikasiinformal yang juga berpotensi melanggengkan kelompok. Komunikasi ialah halyang patut diperhatikan ketika berbicara mengenai kebudayaan sebuahmasyarakat. Eksistensi individu maupun kelompok terkonstruksi melalui adanyapertukaran nilai, sentimen, dan informasi dalam interaksi. Pembentukkankelompok salah satunya terjadi berkat hal yang dimiliki bersama karena adanyainteraksi antar individu. Tidak hanya berkonsentrasi pada pertukaran pesan,komunikasi juga memiliki peran dalam konstruksi kelompok-kelompok dalammasyarakat. Menyadari pentingnya komunikasi dalam sebuah arena sosialperusahaan multinasional, tulisan ini memaparkan lebih jauh bagaimana sebuahujaran gosip mampu menggambarkan dinamika relasi karyawan di dalamnya.Fokus tulisan ini adalah penggunaan konsep speech community yang memandangindividu di dalam perusahaan ini sebagai sebuah komunitas yang memilikikesamaan pemahaman atas sebuah ujaran dan aturan terhadap ujaran tersebut.Pembatasan persamaan pemahaman turut membatasi siapa yang menjadi anggotakomunitas tersebut. Skripsi ini menunjukkan bagaimana sebuah ujaran dapatmenjelaskan pelanggengan, pelemahan, dan pembentukan relasi sosial yangdinamis di dalam lingkungan organisasi yang kaku., The working environment of a multinational company in one area of SouthJakarta office indicates another intention of gossiping behavior, which is not onlyto gain knowledge but also to perpetuate relations. As a formal businessinstitution, PT Robert Bosch Indonesian formed an organizational communicationsystem to support the attainment of company’s goal. However, as social beings,the employees not only perform formal communication, but also conductinginformal communication that potentially perpetuates group. Communication isnoteworthy things when talking about the culture of a society. The existence ofindividuals or groups constructed through an exchange of values, sentiments, andinformation in the interaction. A group formation occurs due to things that belongtogether because of the interaction between individuals. Not only doescommunication concentrate on the exchange of messages, but also plays a role inthe construction of groups in society. Recognizing the importance ofcommunication in a social arena of multinational corporations, this paper furtherdescribes how gossip is able to describe the dynamics of employee relations. Thispaper is focused on speech community that views the employees as a communityhave a common understanding and the rules of the utterance. The understandingof utterances is limited to members of the community. This thesis shows how anutterance can explain the strengthening, weakening, and forming of dynamicsocial relations within the rigid organization.] |