Pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya di yayasan kasih anak kanker Indonesia YKKI = The usage of child s collection for bibliotherapy to children with cancer in healing treatment at the Indonesian care for cancer kids foundation YKKI / Chandra Hermawan
Chandra Hermawan;
Wayan Suteja, translator; Indira Irawati, supervisor; Yeni Budi Rachman, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapibagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya di Yayasan KasihAnak Kanker Indonesia (YKAKI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalammenjalani pengobatannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metodestudi kasus. Dalam prosesnya, dilakukan analisis koleksi dengan pendekatanpengguna dan penggunaan diukur melalui persepsi pengguna, observasi penggunadan pengujian atas manfaat koleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksianak yang disediakan YKAKI melalui program Sekolah-Ku didasarkan pada visidan misi program, perkembangan anak, pendidikan dan biblioterapi yangdiberikan melalui story telling bagi anak usia 0-6 tahun. Koleksi yang digunakanyaitu 9,2% dari total koleksi. Namun, dalam proses pemanfaatan terdapat kendalayaitu bahan bacaan yang dikenal masih perlu ditambah dan ditingkatkan kualitas,menyesuaikan bahan bacaan dengan kondisi anak dan administrasi kegiatanbiblioterapi. Untuk itu, diperlukan perhatian agar membuat kebijakanpengembangan koleksi dan ketersedian koleksi, meningkatkan pengetahuan SDMguru/konselor mengenai manajemen koleksi anak dan laporan statistikpemanfaatan koleksi. ABSTRACT This research describes about usage of child’s collection for bibliotherapy tochildren with cancer in healing treatment at YKAKI. The Research conducted toanalyze the usage of child’s collection for bibliotherapy to children with cancer inhealing treatment. The type of this research is “qualitative” by “case studying”method. The useful of collections analysis by user and using approach and theuseful was measuredby the perception of user, user’s obsevation and the test ofThe usage of collection. The result of this research shows of the child’s collectionwas provided YKAKI through “Program Sekolah-Ku” based on vision and misionprogram, children development, education grade and biblioteraphy has been giventhrough story telling for children age 0-6 years. The collection was adoptedapprox 9,2% from the number of collections. The obstacle was discovered of theusage process are the reading materies was known still need enhance and advancethe quality, adapting the reading materies to child’s condition and theadministrative of biblioteraphy activity. Based on fact was discovered during theresearch, it necessary to make the policy of collection development and providingthe collection, advance the human resources knowledge (teachers or concelors)relate to the management of children’s collection and statistic report of thecollection usage. |
S55656-Chandra Hermawan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S55656 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 94 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S55656 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388398 |