Pola keruangan tipologi objek wisata di Kabupaten Malang = Spatial typology pattern of tourism object in Malang Regency / Nur Mufidatunnisa
Nur Mufidatunnisa;
Maria Herlina Limyati; Djamang Ludiro, supervisor; Djoko Harmantyo, examiner; Ratna Saraswati, examiner; Tuty Handayani, examiner
(Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Pada tahun 2013, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malangmembuat rencana strategis untuk melakukan upaya pengembangan dansegmentasi objek yang menawarkan keanekaragaman potensi daya tarik wisataalam dan buatan sesuai dengan motivasi dan kebutuhan wisatawan. Namunrencana strategis tersebut belum terlaksana secara efektif sehingga wisatawanbelum mendapatkan informasi ruang objek wisata yang tersegmentasi sesuaidengan motivasi dan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuitatanan keruangan tipologi objek wisata di Kabupaten Malang tahun 2014 yangtersegmentasi sesuai dengan motivasi dan kebutuhan wisatawan. Tipologi objekwisata dapat diketahui dengan menggunakan identifikasi fasilitas wisata dan rataratajumlah kunjungan wisatawan. Metode analisis data yang digunakan adalahdeskriptif dan pendekatan keruangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwamasing-masing tipologi objek wisata di Kabupaten Malang memiliki polakeruangan yang berbeda. Tipe objek wisata mid-sentris menyebar secara merata diberbagai jarak dari pusat Kota Malang dan tipe objek wisata mendekatipsikosentris menyebar secara merata di jarak yang dekat hingga sedang dari pusatKota Malang. Tipe objek wisata allosentris dan mendekati allosentristerkonsentrasi di jarak yang jauh dari pusat Kota Malang, sedangkan tipe objekwisata psikosentris terkonsentrasi di jarak yang dekat dari pusat Kota Malang. ABSTRACT In 2013, Malang Regency’s Department of Culture and Tourism createdstrategic plan for development and segmentation efforts for potential tourismobjects that offer diversed nature and artificial attraction according to tourists’motivation and their needs. However, those strategic plan has not been effectivelyimplemented; tourists do not get the spatial information of tourism objects thatwas segmented according to the tourists’ motivation and their needs. The purposeof this research is to find out the spatial typology pattern of tourism object inMalang Regency in 2014, segmented according to the tourists’ motivation andtheir needs. Typology of tourism object is determined by identifying tourists’facilities and means of tourists’ arrivals. Data analysis methodology that is used inthis research are descriptive and spatial approach. The result of this researchshows that each typology of tourism object in Malang Regency has a differentspatial pattern. The mid-centric type of tourism object spreads equally wide invarious distances from central of Malang City and near psychocentric type oftourism object spreads equally wide over close to moderate distances from centralof Malang City. The allocentric type and near allocentric type of tourism objectare concentrated in a long-distance from central of Malang City, whilepsychocentric type of tourism object is concentrated in a close-distance fromcentral of Malang City. |
S55647-Nur Mufidatunnisa.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S55647 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 73 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S55647 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388401 |