Analisis pemilihan buku bacaan oleh anak : studi kasus Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta = Analysis book selection by children : case study Public Library of DKI Jakarta Province / Nurullita Akmalia
Nurullita Akmalia;
Margareta Aulia Rachman, supervisor; Laksmi, examiner; Okgani Suhyoko, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukanoleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggotaaktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari -April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokuspembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan denganperkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih bukubacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan bukubacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan olehanak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukaidan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan juduldan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalamihambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan olehketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anakPerpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalammenemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukanbahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antaraperilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihatdari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi. ABSTRACT This research discusses the book selection process carried out by children asyoung as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with thefrequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in PublicLibrary Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to thecase study method. In this study discusses the selection process associated withthe development of children's books, the factors that affect children in selectingbooks, as well as discuss the barriers experienced by children in the bookselection process. The results of this study are in the book selection processconducted by third informant reading a book of their choosing based on what theylike and they need. In addition, the findings in this study children tend to choosebooks based on titles and images contained on the cover of the book. Only oneinformant who experience barriers to reading the book selection process caused byinaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in PublicLibrary Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficultfor children in need. The results of this study also showed that in the bookselection process looks a match between the behavior of the informant with thedevelopment stage of children at the age of which can be seen from thedevelopment of cognitive, language, social, and emotional. |
S56156-Nurullita Akmalia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S56156 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 93 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S56156 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388449 |