ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja UniversitasIndonesia ditinjau dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnisinternal, pelanggan, dan keuangan dan mengindentifikasi upaya-upaya yang dapatdilakukan Universitas Indonesia dalam rangka meningkatkan kinerja universitasdengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard menurut Robert S. Kaplandan David P. Norton.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tingkatkinerja pembelajaran dan pertumbuhan pada kategori‖Baik‖ , kinerja proses bisnisinternal pada kategori ―Baik‖, kinerja pelanggan pada kategori ―Baik‖, dan kinerjakeuangan pada kategori ―Sangat Baik‖. Sehingga secara keseluruhan kinerjaUniversitas Indonesia dalam kategori Baik dengan total skor 12,65 (rentang11,25-13,89).Untuk meningkatkan kinerja Universitas Indonesia maka perlu dilakukanupaya-upaya strategis sebagai berikut: mengefektifkan proses rekrutmen secaratepat dan berkala sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, meningkatkanperhargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan, mengevaluasi pelaksanaankegiatan perkuliahan, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung perkuliahan,dan melakukan perencanaan kebutuhan dan pengeluaran anggaran yang tepat darimasing-masing unit kerja dan fakultas. ABSTRACT This study aims to describe the performance of the University of Indonesiafrom the learning and the growth perspective, internal business process,customer, and financial and identify efforts to the University of Indonesia needs todo in order to improve the performance of the university by using the BalancedScorecard approach by Robert S. Kaplan and David P. Norton.Research result, found that the performance levels of learning andgrowth is categorized as ―Good‖, internal business process performance iscategorized as ―Good‖, the categories of customer performance is categorized as―Good‖ and financial performance is categorized as ―Excellent‖. The overallperformance of the University of Indonesia in the ―Good‖ category with totalscore 12.65 (the range 11.25 – 13.89).To improve performance of the University of Indonesia, it is necessary forthe university to carry out strategic efforts such as: improving effectiveness ofrecruitment process, establish a fair merit based reward system for academis andsupporting staff, evaluate the learning process, improve facilities andinfrastructure to support academic processes, and implement an effective budgetplanning system for all working units |