Deskripsi Lengkap
| Bahasa : | ind |
| Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
| Tipe Konten : | text (rdacontent) |
| Tipe Media : | unmediated (rdamedia) ; computer (rdamedia) |
| Tipe Carrier : | volume (rdacarrier) ; online resource (rdacarrier) |
| Deskripsi Fisik : | xi, 71 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
| Naskah Ringkas : | |
| Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
| Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
| No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
|---|---|---|
| S54729 | TERSEDIA |
| Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388485 |
Abstrak
ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis budaya praktik layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta, sebagai perpustakaan yang berada di bawah pemerintah yang mengedepankan standar pelayanan publik. Termasuk pustakawan dan pengguna dalam membangun budaya tersebut serta nilai-nilai sosial yang mendasari terbangunnya budaya tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi partisipan yang dituangkan ke dalam catatan lapangan serta dokumen Perpustakaan Kota Yogyakarta. Peneliti mencoba menggali bagaimana budaya layanan yang terbentuk melalui pola-pola interaksi antar pustakawan, antar pengguna, maupun antara pustakawan dan pengguna dalam memenuhi kebutuhan masing-masing pihak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya yang muncul atas hubungan antar pustakawan memberikan energi yang baik kepada pustakawan dalam menjalankan tugasnya sebagai penyedia kebutuhan informasi pengguna.
ABSTRACT
This focus of this study is the cultural services in Perpustakaan Kota Yogyakarta, as an institution which is part of the government that promote public services. Including the way of librarians and users in constructing culture. Moreover social values that underlie the culture also covered. This research is qualitative ethnography interpretive. The data were collected from participant observation that poured into field notes and also from Perpustakaan Kota Yogyakarta?s documents. Researcher try to explore how cultural services is formed through the interaction patterns between users, librarians, and between users and librarians in meeting the needs of each party. The conclusion of this research is the culture that emerges on the relationship between librarian provide good energy to librarians in performing their duties as the provider of user information needs.
Skripsi ini menganalisis budaya praktik layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta, sebagai perpustakaan yang berada di bawah pemerintah yang mengedepankan standar pelayanan publik. Termasuk pustakawan dan pengguna dalam membangun budaya tersebut serta nilai-nilai sosial yang mendasari terbangunnya budaya tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi partisipan yang dituangkan ke dalam catatan lapangan serta dokumen Perpustakaan Kota Yogyakarta. Peneliti mencoba menggali bagaimana budaya layanan yang terbentuk melalui pola-pola interaksi antar pustakawan, antar pengguna, maupun antara pustakawan dan pengguna dalam memenuhi kebutuhan masing-masing pihak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya yang muncul atas hubungan antar pustakawan memberikan energi yang baik kepada pustakawan dalam menjalankan tugasnya sebagai penyedia kebutuhan informasi pengguna.
ABSTRACT
This focus of this study is the cultural services in Perpustakaan Kota Yogyakarta, as an institution which is part of the government that promote public services. Including the way of librarians and users in constructing culture. Moreover social values that underlie the culture also covered. This research is qualitative ethnography interpretive. The data were collected from participant observation that poured into field notes and also from Perpustakaan Kota Yogyakarta?s documents. Researcher try to explore how cultural services is formed through the interaction patterns between users, librarians, and between users and librarians in meeting the needs of each party. The conclusion of this research is the culture that emerges on the relationship between librarian provide good energy to librarians in performing their duties as the provider of user information needs.