Dekonstruksi maskulinitas perempuan sebagai bentuk perlawanan dalam lirik lagu official suburban superman primitive love dan get back momma karya Suzi Quatro = Deconstructing female masculinity as a form of rebellion in official suburban superman primitive love and get back momma lyrics by Suzi Quatro
Dimas Anggara;
Rini Mulyanti; Tambunan, Shuri Mariasih Gietty, examiner; Teraya Paramehta, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlawanan Suzi Quatro terhadapdiskriminasi peranan gender di dalam musik glam rock yang terdapat pada lirik laguGet Back Momma, Primitive Love, dan Official Suburban Superman dalam albumSuzi Quatro (1973). Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif denganmelakukan dekonstruksi sebagai metode untuk mengkaji teks. Penulis melihatbagaimana Suzi Quatro menuliskan liriknya yang mengangkat tema maskulinitasperempuan untuk menjadikan lirik-lirik lagunya sebagai media perlawanan ataskonstruksi peranan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam masyarakatberbudaya patriarki. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan alasanmengapa Suzi Quatro menggunakan sosok maskulinitas untuk menegosiasikanposisinya pada konstruksi gender dalam masyarakat. Penulis melihat bahwa sosokmaskulinitas yang digunakan oleh Suzi Quatro dalam beradaptasi di scene musikglam rock bukan untuk mendukung dominasi patriarki tetapi untuk membuka celahbagi para perempuan untuk ikut berperan dalam ranah publik. ABSTRACT This research aims to analyze Suzi Quatro’s rebellion against the discrimination inaccordance with gender role in glam rock which could be found in Get Back Momma,Primitive Love, and Official Suburban Superman lyrics in Suzi Quatro (1973) album.This research used qualitative methodology by utilizing deconstruction as a methodto analyze the lyrics. This research sees how Suzi Quatro wrote her lyrics as a mediato rebel against the gender construction between men and women in the patriarchalsociety. Moreover, this research aims to find why Suzi Quatro used the concept ofmale impersonator to negotiate her position towards gender construction in society.This research finds that by being a male impersonator, Suzi used it merely to adapt inglam rock and not to support the domination of patriarchy in the society but to open away for women to participate in that society. |
S54317-Dimas Anggara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S54317 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vxi, 84 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S54317 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388509 |