Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia) ; computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier) ; online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xiii, 75 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S57455 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388578
 Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik membaca anak dan peran Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam memotivasi anak untuk membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menonjol dalam motivasi membaca anak yaitu aspek curiosity (keingintahuan anak terhadap bahan bacaan), recognition (pengakuan atas kegiatan membaca), dan compliance (adanya keinginan atau tujuan tertentu dalam membaca). Selain itu, Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta memiliki peran dalam memotivasi anak. Perpustkaan telah berupaya memotivasi anak untuk membaca melalui penyedian fasilitas, layanan dan kegiatan untuk anak. Namun, fasilitas dan layanan perpustakaan belum sepenuhnya mendukung ketiga aspek utama motivasi membaca anak.
ABSTRACT
The purpose of this study is to understand children?s intrinsic and extrinsic reading motivation and the role of Jakarta Public Library in motivating children to read. This research is qualitative research using the case study method. This study shows, there are three aspects that stand out in the children's reading motivation. They are curiosity (children's curiosity to the reading material), recognition (recognition of the reading activities), and compliance (the existence of a specific goal or desire in reading). In addition, Jakarta Public Library has been playing in motivating children to read. Public library has been attempted to motivate children to read by provide facilities, services and activities for children. However, the library services hasn?t yet to fully support the three predominant aspects of children reading motivation