Penerapan ksim cross impact untuk menganalisis tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar = Application of ksim cross impact for analyzing level of primary education enrollment / Yogi Anggraena
Yogi Anggraena;
Alhadi Bustamam, supervisor; Djati Kerami, supervisor; Hendri Murfi, examiner; Arie Wibowo, examiner
(Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Pendidikan dasar merupakan hak individu yang seharusnya dapat dipenuhidan terdistribusi secara adil dan seimbang, serta memiliki kualitas yang memadai.Karena pentingnya pendidikan dasar, maka perlu dianalisis tingkat partisipasisekolah pada pendidikan dasar dalam rangka memberikan masukan kepadapemangku kebijakan dalam mengambil keputusan. Dalam tesis ini, tingkatpartisipasi sekolah pada pendidikan dasar akan dianalisis menggunakan KSIMCross Impact. Langkah awal penerapan KSIM cross impact dalam menganalisistingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar adalah mengidentifikasi variabelvariabelyang mempengaruhi tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar.Kemudian dibangun prosedur penerapan KSIM cross impact dalam menganalisistingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar dan disimulasikan dengan limatahap sebagai berikut yaitu (1) Menentukan nilai awal (initial value) untuk semuavariabel, (2) Membangun matriks cross impact, (3) Merepresentasikan impact, (4)Mensimulasikan dan menganalisis sistem, (5) Mengidentifikasi variabel kebijakanuntuk mencapai sistem yang diinginkan. Hasil simulasi yang dilakukanmenunjukan bahwa infrastuktur dan kualitas guru mempunyai peranan yang palingpenting dalam meningkatkan partisipasi siswa. Dalam tesis ini juga dibahaskestabilan titik kesetimbangan, untuk mengetahui di titik mana model KSIM CrossImpact tidak mengalami perubahan dan syarat apa yang diperlukan agar pada saatdiberikan gangguan di titik kesetimbangan model tidak mengalami perubahan. ABSTRACT Primary education of satisfactory quality is the right of every individual that needsto be distributed fairly and equally. Due to the importance of the primary Education,it is necessary to analyze the level of primary education enrollment in order toprovide input for policy makers. In this thesis, the level of primary educationenrollment will be analyzed using KSIM Cross Impact. The first step in analyzingthe level of primary education enrollment is to identify the variables affecting it.From there a procedure for the application of KSIM Cross Impact is created andsimulated using five steps: (1) Determine the initial value for all variables, (2)Establish a cross-impact matrix, (3) Represent the impact, (4) Simulate and analyzethe system, (5) Identify the policy variables to achieve the desired system. Thesimulation reveals that infrastructure and the quality of teachers play as the mostimportant role in increasing student participation. This thesis also discusses thestability of the equilibrium point as well as determining the point in which the modelKSIM Cross Impact experiences no changes, and the terms required for the modelto remain in equilibrium in the presence of disturbances. |
![]()
|
No. Panggil : | T39304 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 47 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T39304 | 15-23-34088866 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388618 |