Full Description
Cataloguing Source | LibUI ind rda |
Content Type | text (rdacontent) |
Media Type | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Carrier Type | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Physical Description | xv, 126 pages ; 30 cm + appendix |
Concise Text | |
Holding Institution | Universitas Indonesia |
Location | Perpustakaan UI Lantai. 3 |
- Availability
- Digital Files: 1
- Review
- Cover
- Abstract
Call Number | Barcode Number | Availability |
---|---|---|
T42145 | 15-23-93113379 | TERSEDIA |
No review available for this collection: 20388680 |
Abstract
ABSTRAK
Tesis ini membahas proses adaptasi identitas antara suami perwira militer dengan istri warga sipil dalam pernikahan militer. Sebelum menguraikan tahapan identitas, akan dibahas manajemen identitas kedua pasangan yang berdampak pada komunikasi mereka saat beradaptasi. Identitas selalu mengalami perubahan dan identitas setiap pasangan tidak akan sama satu dengan yang lain, seperti: identitas suku, agama, usia, keluarga, lingkungan sosial, organisasi, dll. Setelah mengetahui manajemen identitas yang terjadi diantara kedua pasangan, kemudian diuraikan secara mendalam proses adaptasi dari setiap pasangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis dengan menggunakan teori manajemen identitas dan proses adaptasi model kurva-u (fase honeymoon, kejutan budaya, penyesuaian, adaptasi). Model kurva u bersifat jangka pendek yang sesuai digunakan untuk menganalisa proses adaptasi pasangan yangbaru menikah. Sifat penelitian adalah deskriptif dan memakai metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa persamaan identitas menuntun pada keberhasilan komunikasi saat beradaptasi. Peneliti menemukan bahwa fase penyesuaian dalam model kurva-u paling menentukan bagaimana pasangan mampu mencapai adaptasi identitas yang berdampak pada adaptasi di lingkungan militer. Suami sebagai host membimbing istri dalam memberi informasi tentang kehidupan militer dan istri sebagai pendatang mampu mengurangi ketidakpastian dan kecemasan dengan bersedia membangun komunikasi dengan senior.
ABSTRACT
This thesis discusses about an identity adapt process between a military officer and a civilian in a marriage. Before we started the discussion, the identity?s management of this couple which can influence communication process will be described. An identity always change, and the identity of each marriage couple are absolutely different, such as: tribe?s identity, religion, ages, family, social life, organization, etc. Furthermore, I would elaborate the adapt process of some marriage couple specifically. This research apply the constructivist approach with a management identity theories and u-curve adapt process model (honeymoon phase, culture shock, adjustment, adaptation). The research use descriptive explanations and apply a phenomenological methods. The data gathered technique is through in-depth interview. The results of this study show that the identity similarities lead to success when adapting communication. From the u-curve phase model, the important thing is when a husband acts as a host that can guide his wife entering the military life. And a wife as a new comer, she should reduce her uncertainty and anxiety with build a good communication in military life especially with the higher rank.
Tesis ini membahas proses adaptasi identitas antara suami perwira militer dengan istri warga sipil dalam pernikahan militer. Sebelum menguraikan tahapan identitas, akan dibahas manajemen identitas kedua pasangan yang berdampak pada komunikasi mereka saat beradaptasi. Identitas selalu mengalami perubahan dan identitas setiap pasangan tidak akan sama satu dengan yang lain, seperti: identitas suku, agama, usia, keluarga, lingkungan sosial, organisasi, dll. Setelah mengetahui manajemen identitas yang terjadi diantara kedua pasangan, kemudian diuraikan secara mendalam proses adaptasi dari setiap pasangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis dengan menggunakan teori manajemen identitas dan proses adaptasi model kurva-u (fase honeymoon, kejutan budaya, penyesuaian, adaptasi). Model kurva u bersifat jangka pendek yang sesuai digunakan untuk menganalisa proses adaptasi pasangan yangbaru menikah. Sifat penelitian adalah deskriptif dan memakai metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa persamaan identitas menuntun pada keberhasilan komunikasi saat beradaptasi. Peneliti menemukan bahwa fase penyesuaian dalam model kurva-u paling menentukan bagaimana pasangan mampu mencapai adaptasi identitas yang berdampak pada adaptasi di lingkungan militer. Suami sebagai host membimbing istri dalam memberi informasi tentang kehidupan militer dan istri sebagai pendatang mampu mengurangi ketidakpastian dan kecemasan dengan bersedia membangun komunikasi dengan senior.
ABSTRACT
This thesis discusses about an identity adapt process between a military officer and a civilian in a marriage. Before we started the discussion, the identity?s management of this couple which can influence communication process will be described. An identity always change, and the identity of each marriage couple are absolutely different, such as: tribe?s identity, religion, ages, family, social life, organization, etc. Furthermore, I would elaborate the adapt process of some marriage couple specifically. This research apply the constructivist approach with a management identity theories and u-curve adapt process model (honeymoon phase, culture shock, adjustment, adaptation). The research use descriptive explanations and apply a phenomenological methods. The data gathered technique is through in-depth interview. The results of this study show that the identity similarities lead to success when adapting communication. From the u-curve phase model, the important thing is when a husband acts as a host that can guide his wife entering the military life. And a wife as a new comer, she should reduce her uncertainty and anxiety with build a good communication in military life especially with the higher rank.