Analisis strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan brand pada institusi pendidikan (studi kasus pengembangan universitas brawijaya sebagai "world class entrepreneurial university" = Analysis of the marketing communication strategy in brand development of educational institutions (case study on brand development of Universitas Brawijaya as "world class entrepreneurial university" ) / Dian Tamitiadini
Dian Tamitiadini;
Firman Kurniawan Sujono, supervisor; Billy Sarwono, examiner; Eduard Lukman, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosespengembangan brand yang dilakukan oleh perguruan tinggi dan bagaimana posisikomunikasi pemasaran dalam pengembangan brand tersebut. Penelitimenggunakan model pengembangan brand milik Leslie de Chernatory yangterdiri dari brand vision, budaya organisasi, brand objective, audit brandsphere,brandessence, internal implementation dan brand resource, serta brandevaluastion. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan komunikasi pemasaran terkaitpengembangan brand berada pada fase internal implementation dan brandresource. Kegiatan komunikasi pemasaran dalam perguruan tinggi dilakukan olehbagian humas dan bagian promosi. Inti dari kegiatan komunikasi pemasarandalam pengembanagn brand adalah kesesuaian isi pesan dan media terhadaptujuan yang diharapkan. Perguruan tinggi yang sedang mengembangkanmereknya harus memahami tujuan merek mereka dan mampumengkomunikasikannya baik secara internal maupun eksternal dengan efektif ABSTRACT This research aims to understad how the brand development activity is carried outby universities and how marketing communications position in the developmentof the brand. Researchers used Leslie de Chernatory’s model of branddevelopment which is consists of brand vision , organizational culture , brandobjectives , audit brandsphere , brandessence , internal implementation and brandresource, and brand evaluastion . Based on the results of this research , marketingcommunication activities is related to brand development activity. Marketingcommunication activities in university institution are conducted by publicrelations and promotion department. The main point of marketingcommunications activities in brand development is the suitability between thecontent of the message and the media to reach the goals . Universities which aredeveloping their brand must understand the purpose of their brand and they haveto be able in communicating effectively. |
T42099-Dian Tamitiadini.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42099 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 144 ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42099 | 15-23-44000614 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388681 |