Strategi komunikasi pemasaran sosial melalui integrated marketing communications studi kasus terhadap program jasa akses kewajiban pelayanan universal-universal service obligation di balai penyedia dan pengelola pembiayaan telekomunikasi dan inf = Social marketing communication strategic by integrated marketing communications case study of universal service obligation at balai penyedia dan pengelola pembiayaan telekomunikasi dan informatika / Ari Soegeng Wahyuniarti
Ari Soegeng Wahyuniarti;
Eduard Lukman, supervisor; Irwansyah, supervisor; Dorien Kartikawangi, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Pemerintah berkewajiban menyediakan sarana akses telekomunikasi di daerahyang dianggap tidak “profit oriented” oleh industri telekomunikasi, yang dikenaldengan Kewajiban Pelayanan Universal (KPU). Untuk memenuhinya, BP3TIdiberikan amanat untuk melakukan pengelolaan terhadap penyediaan jasa aksesKPU/USO di daerah perdesaan, terpencil dan pulau terluar. Program ini dapatdikatakan sebagai produk inovasi yang memberikan solusi bagi masyarakat. Agardikenal luas, maka BP3TI sebagai organisasi pemerintah perlu melakukanpemasaran sosial yang bertujuan untuk melakukan perubahan perilaku masyarakatmenjadi lebih baik. Tujuan pemasaran sosial, sejalan dengan tujuan difusi inovasiyang memungkinkan terciptanya adopsi terhadap produk inovasi. Sehubungan haltersebut, dibutuhkan penerapan prinsip bauran pemasaran (marketing mix) sertapenggunaan Integrated Marketing Communication (IMC) dalam melakukan difusiinovasi dengan mendorong keputusan untuk menerima inovasi. Penelitiankualitatif ini berupaya menggambarkan bentuk bauran pemasaran sosial(marketing mix) serta pelaksanaan IMC yang dilakukan oleh BP3TI dalam prosesdifusi inovasi program jasa akses KPU/USO. Dari penelitian ini terlihat bahwapemenuhan prinsip bentuk bauran pemasaran sosial (marketing mix) sertapelaksanaan IMC telah sesuai dengan proses difusi inovasi sehingga mampumendorong adanya proses keputusan inovasi (the innovation-decision process). ABSTRACT The government is obliged to provide the means of telecommunications access inthe areas which are considered unproductive by the telecommunications industry,which are known as universal service obligation (USO). In order to fulfill it,BP3TI was given the mandate to manage USO in rural, remote and outer islands.This program can be regarded as the product of innovations that provide solutionsfor the community. In order to be widely known, BP3TI as governmentorganizations need to conduct social marketing programs which aims to changepeople's acceptance toward the programs. The objectives of social marketing arein tune with the goal of diffusion of innovations which lead to an adoption ofinnovation. Therefore, it requires the implementation of the principles of themarketing mix and Integrated Marketing Communication (IMC) in conducting thediffusion of innovations by urging the acceptance of innovation. The purpose ofthis study is to describe the social marketing mix principles and theimplementation of IMC by BP3TI in the process of diffusion of innovation forUSO. The findings in this study shows that the fulfillment of the principles ofsocial marketing mix as well as the implementation of IMC has succed toencourage the innovation decision process. |
T42142-Ari Soegeng Wahyuniarti.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42142 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 176 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42142 | 15-23-76446219 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388684 |