Pemahaman materi pendidikan kependudukan dengan pendekatan ELM (studi analisis proses belajar materi pendidikan kependudukan kepada siswa kelas 1-3 SD ST Markus Jakarta) = The comprehension of population education material approached by elaboration likelihood model (analysis study and learning materials education to studen grades 1-3 elementary school ST Markus Jakarta) / Yovita Elvie Setianingsih
Yovita Elvie Setianingsih;
Dorien Kartikawangi, supervisor; Eriyanto, examiner; Eduard Lukman, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Tesis ini mengkaji tentang pemahaman materi pendidikan kependudukan terhadap informan yang merupakan anak anak kelas 1 3 SD melihat bahwa anak sebagai aset perlu memahami tentang konsep konsep dasar kependudukan ditambah lagi adanya bonus demografi yaitu keadaan dimana akan banyak jumlah penduduk usia produktif yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030 serta akan adanya ledakan lansia pada tahun 2050 tentu anak anak yang masih belia saat ini akan menjadi penentu kebijakan pada tahun 2030 dan 2050 nanti Maka tentu sangat tepat memberikan pemahaman tentang konsep konsep dasar kependudukan sedari dini Hasil dari proses pemahaman sekarang tidak dapat dilihat dalam 2 3 tahun mendatang tetapi akan terlihat hasilnya 5 10 tahun kemudian Karena kependudukan itu sendiri sangat luas maka peneliti menfokuskan kepada 5 issue kependudukan yang masih hangat dalam topik global yaitu jumlah dan pertumbuhan penduduk penduduk usia lanjut penduduk usia produktif urbanisasi dan remaja Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan ELM dimana melihat apakah informan siswa kelas 1 3 SD menggunakan jalur sentral atau central route ataukah memilih jalur peripheral dalam memproses informasi tentang materi pendidikan kependudukan Metode utama yang digunakan adalah wawancara terhadap informan masing masing 5 orang kelas 1 5 orang kelas 2 dan 5 orang kelas tiga Sebelum itu juga peneliti mensosialisasikan materi pendidikan kependudukan dengan memaparkan 5 materi tersebut kepada informan Metode lain yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari beberapa buku tentang pendidikan dan kependudukan dokumen dokumen serta artikel artikel terkait Hasil penelitian dalam hasil karya ini antara lain bahwa informan kelas 1 2 dan 3 dapat memproses informasi tentang pendidikan kependudukan berdasarkan 5 issue yaitu jumlah dan pertumbuhan penduduk penduduk usia produktif penduduk lanjut usia urbanisasi dan remaja melalui jalur sentral yang memikirkan argumen secara aktif dan menanggapinya dengan hati hati maka hal tersebut mengarahkannya pada perubahan yang permanen yang mungkin mempengaruhi bagaimana ia berperilaku sebenarnya dengan dimensi yang mempengaruhi yaitu motivasi dari informan dan tingkat kognitif dari informan Dengan demikian dapat terjadi perubahan sikap pengetahuan dan perilaku dari informan untuk lebih peduli terhadap permasalahan kependudukan yang kelak akan mereka hadapi ketika mereka dewasa Kata Kunci Kependudukan ELM Jalur Sentral Motivasi Kognitif ABSTRAK This thesis examines the comprehension of population education materials to the informant who is a children 39 s grade 1 3 elementary school seeing that child as an asset needs to understand about the basic concepts of population plus the existence of a demographic dividend Demographic dividend is a condition that population of productive age will reach its peak in 2030 and will be an explosion of elderly in 2050 certainly children who are still young at this time will be the decision makers in 2030 and 2050 So certainly giving understanding of the basic concepts of population to young people is a appropriate action The results of the current understanding can not be seen in the next 2 3 years but the results will be appeared in 5 10 years later Because the population itself is very spacious the researcher focused on the 5 issues of population which still discussed in the global topic number and population growth aging population the productive population urbanization and adolescents In this study researchers used a qualitative approach using ELM approach whereby see if the informant grade 1 3 elementary school students using a central line or central route or choose the path of peripherals in processing information on population education materials The main methods used are interviews with each informant 5 grade 1 5 grade 2 and 5 grade three In advance the researchers also disseminate educational materials on population by exposing the material to the informant Another method used is secondary data sourced from several books on education and population as well as documents related articles The results of this research among others that the informant classes 1 2 and 3 can process information about education population by 5 issue namely the number and population growth the population of productive age the elderly population urbanization and adolescents in central thought of the arguments that are actively and respond with caution then it is pointed at the permanent changes which may affect how he behaves in fact with dimensions that affect the motivation of the informant and the informant 39 s cognitive level Thus it can be a change in attitudes knowledge and behavior of informants to be more concerned about the population problems that they will face in the future when they are adults Keywords Population ELM Central Line Motivation Cognitive |
T41598-Yovita Elvie Setianingsih.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T41598 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T41598 | 15-23-66755997 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388694 |