ABSTRAK Penelitian ini membahas konsep citra suatu kota dan strategi pembentukan mereksuatu kota. Dua konsep tersebut yang lebih dikenal lewat kosnep city brandingdan city image dianggap penting saat ini karena perkembangan teknologiinformasi semakin pesat yang memberikan dampak bagi berbagai aktifitasmasyarakat, khususnya bidang pemasaran. Layaknya sebuah produk, sebuah kotaharus dapat diingat dan diasosiasikan dengan baik oleh konsumen sasaran jikaingin dianggap berbeda, unik dan memberikan nilai yang lebih baik, ditengahbanyaknya informasi serupa tentang kota-kota lainnya yang bisa diterimamasyarakat dalam waktu yang singkat, sehingga saat ini dibutuhkan strategi yangtepat dalam membangun citra kota yang diinginkan.Berdasarkan paparan tadi penelitian ini meneliti pola hubungan terbentuknya cityimage melalui kegiatan city branding, pada city brand “Enjoy Jakarta”, yangmemiliki tujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara variabel-variabelterkait pembentukan city image, seperti brand awareness, dan strategi perluasanmerek seperti City Branding, Positioning dan Communicating the Brand yangmembentuk suatu pola hubungan saling ketergantungan.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, respondenpada penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana komunikasi UniversitasIndonesia berjumlah 175 orang yang ditarik secara acak sederhana (simle random)pada populasi keseluruhan mahasiswa komunikasi pascasarjana angkatan 2012-2013 yang berjumlah 317 orang. Metode analisis data dilakukan dengan analisisstatistik deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis) untuk membuktikan hipotesadalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan darivariable-variabel yang diuji baik pada model struktur pertama maupun modelstruktur kedua. Pada struktur pertama terdapat pengaruh positif dan signifikan darivariable City Branding dan Communicating the Brand dalam membentuk BrandAwareness. Sedangkan pada model struktur kedua juga terdapat pengaruh yangpositif dan signifikan pada variable City Branding, Positioning, Communicatingthe Brand, dan Brand Awareness dalam membentuk City Image. Sedangkan padapola hubungan yang terjadi, pengaruh jalur pada variable positioning baikpengaruh lansung dan tidak lansung adalah pengaruh yang terbesar dalammembentuk City Image. ABSTRACT This research discusses about concept of city image and city brand formingstrategy which are well-known by "city branding" and "city image" concept.Those concepts are important nowadays, because the rapid growth of informationtechnology which gives impact to various citizen activities, especially onmarketing area. As a product, a city should be able to be remembered andassociated well by target consumer if the city wants to be considered different,unique and gives better value in the middle of a lot of similar informations aboutanother cities that are also accepted by citizens in short time. Thus, now, a cityneeds an exact strategy in building the desired city image.Based on previous explanation, this research disscusses about relationshippattern in forming city image through city branding activity of "Enjoy Jakarta"city brand. This research objectives are to find out and examine the influencebetween variables related to the city image forming (such as: Brand Awarenessand city branding development strategy: City Branding, Positioning andCommunicating the Brand) which are forming an interrelated relationshippattern.This quantitative research uses explanative design. Total respondent is 175 withsimple random sampling method. The whole population of communication postgraduatestudent year 2012-2013 is 317. The data analysis methods aredescriptive statistical analysis and path analysis to prove this research hypothesis.Result from this research shows that there's a positive and significant influencefrom the tested variables, both in the first and second structure model. In the firststructure, there are positive and significant influence from city branding andcommunicating the brand variables in forming brand awareness. Meanwhile, inthe second structure, there are also positive and significant influence from citybranding, positioning, communicating the brand and brand awareness in formingcity image. In the formed relationship pattern of path influence, positioningvariable has the biggest influence in forming city image, both on direct andindirect influence. |