Mediasi orangtua terhadap penggunaan gadget pada anak anak prasekolah = Parental mediation against use of gadget in preschool children / Atiek Nur Hidayati
Atiek Nur Hidayati;
Billy Sarwono, supervisor; Eriyanto, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
Penelitian ini bermaksud mengetahui dan memahami mediasi seperti apayang diterapkan oleh orangtua pada anak pengguna gadget. Teori MediasiOrangtua digunakan untuk melihat bagaimana orangtua menerapkan mediasiaktif, restriktif dan co-viewing pada anak pengguna gadget. Penelitian ini adalahpenelitian kualitatif dengan paradigma postpositivisme. Wawancara mendalamdilakukan pada orangtua dari anak umur 3-5 tahun yang tinggal di daerahperkotaan. Terkait dengan teori, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwamedia yang paling sering di konsumsi anak setelah televisi adalah gadget. Hal initerkait dengan kondisi sosial budaya serta status ekonomi masyarakat perkotaan.Dalam penerapan strategi mediasi pada anak pengguna gadget, orangtuamelakukan kombinasi dari mediasi aktif, restriktif dan co-viewing yangditentukan oleh perhatian utama orangtua (parental concern). Selain itu,ditemukan juga mediasi participatory learning dimana anak dan orangtua belajarbersama mengenai konten media yang ada dalam gadget ABSTRACT This study is to find and understand what mediation adopted by parents inchildren gadget users. Parental Mediation Theory used to see how parentsimplement active mediation, restrictive and co-viewing in children gadget users.This study is a qualitative research with a postpositivism paradigm. In-depthinterviews were conducted with parents of children aged 3-5 years who live inurban areas. Associated with the theory, the results of this study indicate that themedia most often in children after television consumption is gadgets. It is relatedto the socio-cultural conditions and economic status of urban communities. In theapplication of mediation strategies in children gadget users, parents do acombination of active mediation, restrictive and co-viewing is determined by theprimary concern of parents (parental concern). In addition there are also mediatingparticipatory learning where children and parents learn together about the existingmedia content in the gadget. |
T42132-Atiek Nur Hidayati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42132 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | v, 104 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42132 | 15-23-86366615 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388716 |