:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh media film terhadap destination image (studi eksperimental pada film the best exotic marigold hotel terhadap India sebagai destinasi wisata) = The influence of a film on destination image experimental (study on India as travel destination through the film the best exotic marigold hotel) / Hafizha Hudaya Attahiyyat

Hafizha Hudaya Attahiyyat; Sasa Djuarsa Sendjaja, co-promotor; Irwansyah, supervisor; Firman Kurniawan Sujono, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas terbentuknya destination image pada India melalui media
film The Best Exotic Marigold Hotel, yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan
menguji apakah menonton film populer tertentu dapat mengubah aspek kognitif
dan afektif individu mengenai destinasi wisata yang ditampilkan dalam film
tersebut, bersamaan dengan konsep empati, familiarity dan respon konsumen
AIDA.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental
laboratorium, partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa sarjana di Jakarta
berjumlah 50 orang yang sesuai dengan kriteria penelitian dan dibagi menjadi dua
kelompok secara randomisasi (kelompok kontrol dan eksperimental). Metode
analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
parametrik untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok
kontrol dan eksperimental pada variabel destination image dan familiarity.
Partisipan dalam kelompok eksperimental juga menunjukkan pengaruh secara
positif dalam keterlibatan empati mereka terhadap elemen-elemen film. Namun,
tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimental pada
variabel respon konsumen. Oleh karena itu, film The Best Exotic Marigold Hotel
membantu dalam meningkatkan citra India, tetapi terbukti tidak efektif dalam
memotivasi partisipan untuk berkunjung

ABSTRACT
This research disscusses about forming destination image on India through the
feature film The Best Exotic Marigold Hotel, to assess the extent to which viewing
a specific popular feature film altered cognitive and affective images of the place
it depicted, as well as concept of empathy, familiarity and AIDA hierarchy of
effects model.
This quantitative research employed a laboratory experiment, participants were
undergraduate students in Jakarta, totaling 50 people according to the research
criteria and were divided randomly into two groups (control and experimental
groups). The data analysis methods are descriptive statistical analysis and
parametric statistical analysis to prove the hypothesis in this research.
The results showed a significant difference between the control and experimental
groups in the destination image and familiarity variables. Participants in the
experimental group also showed a postive influence in their empathy involvement
towards the elements of the film. However, there was no significant difference
between the control and experimental groups on hierarchy of effects model.
Therefore, The Best Exotic Marigold Hotel helps in enchancing the image of
India, but proved to be ineffective in motivating participants to visit India

 File Digital: 1

Shelf
 T42329-Hafizha Hudaya Attahiyyat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T42329
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 282 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42329 15-23-53787735 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388740