Pengaruh media film terhadap destination image (studi eksperimental pada film the best exotic marigold hotel terhadap India sebagai destinasi wisata) = The influence of a film on destination image experimental (study on India as travel destination through the film the best exotic marigold hotel) / Hafizha Hudaya Attahiyyat
Hafizha Hudaya Attahiyyat;
Sasa Djuarsa Sendjaja, co-promotor; Irwansyah, supervisor; Firman Kurniawan Sujono, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini membahas terbentuknya destination image pada India melalui mediafilm The Best Exotic Marigold Hotel, yang memiliki tujuan untuk mengetahui danmenguji apakah menonton film populer tertentu dapat mengubah aspek kognitifdan afektif individu mengenai destinasi wisata yang ditampilkan dalam filmtersebut, bersamaan dengan konsep empati, familiarity dan respon konsumenAIDA.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimentallaboratorium, partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa sarjana di Jakartaberjumlah 50 orang yang sesuai dengan kriteria penelitian dan dibagi menjadi duakelompok secara randomisasi (kelompok kontrol dan eksperimental). Metodeanalisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistikparametrik untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompokkontrol dan eksperimental pada variabel destination image dan familiarity.Partisipan dalam kelompok eksperimental juga menunjukkan pengaruh secarapositif dalam keterlibatan empati mereka terhadap elemen-elemen film. Namun,tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimental padavariabel respon konsumen. Oleh karena itu, film The Best Exotic Marigold Hotelmembantu dalam meningkatkan citra India, tetapi terbukti tidak efektif dalammemotivasi partisipan untuk berkunjung ABSTRACT This research disscusses about forming destination image on India through thefeature film The Best Exotic Marigold Hotel, to assess the extent to which viewinga specific popular feature film altered cognitive and affective images of the placeit depicted, as well as concept of empathy, familiarity and AIDA hierarchy ofeffects model.This quantitative research employed a laboratory experiment, participants wereundergraduate students in Jakarta, totaling 50 people according to the researchcriteria and were divided randomly into two groups (control and experimentalgroups). The data analysis methods are descriptive statistical analysis andparametric statistical analysis to prove the hypothesis in this research.The results showed a significant difference between the control and experimentalgroups in the destination image and familiarity variables. Participants in theexperimental group also showed a postive influence in their empathy involvementtowards the elements of the film. However, there was no significant differencebetween the control and experimental groups on hierarchy of effects model.Therefore, The Best Exotic Marigold Hotel helps in enchancing the image ofIndia, but proved to be ineffective in motivating participants to visit India |
![]()
|
No. Panggil : | T42329 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 282 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42329 | 15-23-53787735 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388740 |