ABSTRAK Menurunnya jumlah pendengar radio dari tahun ke tahun menggeser trenkebiasaan mendengarkan radio melalui saluran analog ke digital. Perkembanganteknologi ini, membawa dampak bahwa persoalan saluran radio menjadi semakin takterbatas lagi daya jangkauannya. Potensi ini perlu diimbangi dengan kualitas kontenyang dapat memenuhi harapan pendengar. Melalui pendekatan model expectancyvalues, penelitian ini dilakukan untuk memahami nilai–nilai harapan pendengarmelalui analisis hubungan variabel–variabel yang terdapat dalam model tersebut.Studi ini dilakukan dengan metode survei kepada 105 pendengar aktif SuaraEdukasi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Melalui teknik quota sampling,sampel terbagi dalam 3 kategori yaitu Remaja, Muda, dan Dewasa. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa sebagian besar responden berpendapat bahwa keyakinan danpenilaiannya terhadap radio pendidikan adalah baik dan bermanfaat. Respondenmemiliki seperangkat harapan yang terbagi dalam 5 dimensi kebutuhan yaitukognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelarian/pengalihan masalah.Penggunaan media radio pendidikan mengikuti pola kebiasaan yang beragam dilihatdari frekuensi, waktu, jenis program acara dan saluran yang digunakan dalammendengarkan radio. Kepuasan khalayak pendengar terhadap penggunaan mediaradio pendidikan secara umum dikategorikan puas. Variabel–variabel dalam modelexpectancy values memiliki pengaruh hubungan langsung maupun tak langsungterhadap variabel satu dengan lainnya. Melalui analisis path, penelitian ini jugamenghasilkan 4 model yaitu: model expectancy values remaja, model expectancyvalues muda, model expectancy values dewasa, dan model expectancy valuesgabungan. ABSTRAK The reduced number of radio listeners shift listening trends from analog todigital channels. Because of technology evolution, radio channel has more powerrange to be infinite. It should be balanced with quality content of radio broadcastingthat meet the expectations of the listeners. By using expectancy values model, thisstudy aimed to understand the value of listeners expectation, and analyze thecorrelation of the variables in this models.The study was applied by survey to 105 active listeners of Suara Edukasi inthe Greater Jakarta area. Quota sampling technique was chosen to set the researchsample. Then, respondents were divided into 3 categories: Adolescent, Young, andAdult. The result of the research showed that most respondents have beliefs andevaluations that the educational radio is nice and helpful. Respondents have a set ofexpectations that are cognitive, affective, personal integration, social integration, andtension release needs. They have a habit patterns of media consumption, such asfrequency, time, type of programs and radio channels that used. Generally, thegratifications obtained of educational radio listeners are satisfied. The variables in themodel expectancy values have an direct and indirect correlations influence with eachother. Through path analysis, this study also resulted in 4 models: expectancy valuesmodel of adolescent, expectancy values model of young, expectancy values model ofadult, and the combined expectancy values model. |