ABSTRACT Penelitian ini mendiskripsikan proses difusi inovasi dalam penerapan KnowledgeManagement dengan melihat elemen-elemennya yaitu penerapan KM sebagai inovasi,pemanfaatan saluran-saluran komunikasi, waktu dan sistem sosial, pada organisasi non-profityang memberlakukan aktifitas/program KM secara tidak wajib.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografis pada organisasi non-profit di Jakartayang merupakan tempat peneliti bekerja saat waktu penelitian. Penelitian ini menjelaskan danmenggambarkan melalui pengamatan berperan serta, bagaimana aktivitas/program KMdisampaikan kepada penerima yaitu staf/unit kerja melalui saluran komunikasi dengantahapan keputusan inovasi dalam organisasi TNP2K. Penelitian ini menjelaskan salurankomunikasi yang digunakan dalam proses difusi penerapan KM serta menggambarkan secararinci tahapan keputusan staf pada aktifitas KM dengan menjelaskan sikap-sikap yang diamatipada tahap pengetahuan, persuasi, keputusan, konfirmasi dan keberlanjutan sehingga penelitidapat mengidentifikasi sikap menerima dan menolak aktiftas/program KM. Penelitian inijuga menjelaskan apa saja yang menjadi variabel yang berpengaruh terhadap tahapan difusipenerapan KM yang dikaitkan dengan temuan Rogers yaitu Karakteristik Aktifitas/ProgramKM, Jenis Keputusan pada Tahapan Difusi Penerapan KM, Saluran Komunikasi PenerapanKM, Kondisi Sistem Sosial di TNP2K dan Peran Agen Perubah. ABSTRACT This study describes the process of diffusion of innovation in Knowledge ManagementImplementation by observes its elements, which are the KM Implementation as an innovation, the useof communication channels, time and social system, which KM activity/program are not mandatory inthe organization. This study used a qualitative ethnographic method on a non-profit organization inJakarta, a place where researchers work during the research. This study describes and illustratesthrough participant observation, how the KM activity / program delivered to the recipient that are staff/ work units through a communication channel with the stages in the innovation decision in TNP2K.This study describes the communication channels used in the diffusion process of the KMimplementation and describes in detail the stages of decision-staff on KM activities by explainingattitudes were observed in stages of knowledge, persuasion, decision, confirmation and sustainabilityso that researchers can identify the attitude of accepting and rejecting of KM activity/program. Thisstudy also describes what are the variables that affect the diffusion of KM implementation associatedwith Rogers‟ findings which are characteristics of KM Activity / Program, Decision type onDiffusion Stages of KM implementation, Communication Channels, Conditions of Social Systems inTNP2K and the agents of change role. |