Persepsi pasien rawat inap terhadap kualitas layanan dan loyalitasnya terhadap Rumah Sakit tingkat II Udayana Denpasar = Perception of in patient patient toward service quality and loyality at second stage Udayana Hospital Denpasar / Ni Gusti Puthu Mariyanti
Ni Gusti Puthu Mariyanti;
Adang Bachtiar, co-promotor; Dumilah Ayuningtyas, examiner; Sumijatun, examiner; Iwan Turniawan, examiner; Puput Oktamianti, examiner
(Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Pelayanan terhadap pasien umum di Rumah Sakit Tk II Udayana merupakan salahsatu kegiatan yang sangat penting karena pemanfaatan kapasitas lebih di rumah sakit bagipasien umum dapat membantu masyarakat diluar pasien dinas dari sisi kesehatandisamping sebagai cosharing bagi pasien dinas. Adanya fenomena penurunan jumlahpasien umum yang rawat inap pada tahun 2010-2012 maka perlu dicari faktor-faktor yangmenyebabkan penurunan kunjungan terutama dari sisi kualitas pelayanan.Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi kualitas layanan dan loyalitaspasien umum terhadap Rumah Sakit TK II Udayana Denpasar. Jenis penelitian ini adalahdeskriptif analitik dengan metode kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Tekniksampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlahsampel 96 orang. Teknik analisa data menggunakan chi-square test.Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan penilaian terhadap kualitas layananberdasarkan karakteristik (umur, gender, tingkat pendidikan). Sebagian besar respondenmenilai kualitas layanan di RS Tk II Udayana adalah tidak baik, ditinjau dari tingkatkepuasan diperoleh sebagian besar responden tidak puas dan loyalitas responden di RSTK II Udayana sebagian besar tidak loyal. Kualitas pelayanan berhubungan signifikandengan kepuasan pelanggan, kepuasan berhubungan signifikan dengan loyalitas. Dimensirealibilitas merupakan dimensi yang paling kuat berhubungan dengan loyalitas ABSTRACT Service for civilian patients at Second Stage Udayana Hospital is one of importantthing because the idle capacity in the hospital will be use to help civilians for their healthcare and cosharing to compulsary patients. There was decrease number of in-patientpatient during 2010-2012, so that’s why there is necessary to look for the factors thatcause decrease of patient visit especially from service quality.This study aim to analyze how is perception of the civilians patient’s servicequality and loyality to the Second Stage Udayana Hospital Denpasar in 2014. This studyis analitic descriptive with quantitative method by using cross-sectional design. Samplingwas used proportionate stratified random sampling by number of sample were 96respondents. Data analysis technique by using chi-square test.The result shows there are differences assestment toward service quality based oncharacteristic (age, sex, education level). Most of them assest service quality at theSecond Stage Udayana Hospital is bad, viewed from satisfaction level obtained most ofthem is not satisfy and respondent loyalty at the second stage hospital of Udayana mostof them is not loyal. Service quality has significant correlation with customer satisfaction,satisfaction has significant correlation with loyality. Dimension of realibity is strongesthave significant correlation with loyality. |
T42040-Ni Gusti Puthu Mariyanti.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42040 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vii, 90 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI Lantai. 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42040 | T42040 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389389 |