Proyeksi kebutuhan energi di sektor transportasi darat dengan pendekatan model engineering economic = Energy demand projection in land transportation sector using engineering economic model approach / Izzu Farhan Fajri
Izzu Farhan Fajri;
Nelson Saksono, supervisor; Widodo Wahyu Purwanto, supervisor; Bambang Heru Susanto, examiner; Tania Surya Utami, examiner; Eny Kusrini, promotor
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Pertumbuhan kendaraan meningkat signifikan hingga empat kali lipat membuatpenggunaan bahan bakar meningkat drastis, termasuk subsidi bahan bakar di sektortransportasi darat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proyeksi jumlahmoda transportasi darat, kebutuhan energi, emisi CO2 yang dihasilkan dan alternatifkebijakan yang efektif untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi CO2 di tahun2035. Melihat perubahan penggunaan energi dunia berubah drastis dalam 20 tahun,maka proyeksi dilakukan sampai dengan tahun 2035 dengan asumsi bahwa seluruhvariabel dinilai masih berlaku. Dengan melihat kondisi data yang tersedia,keragaman moda transportasi, jenis kendaraan, efisiensi dan faktor penggeraklainnya maka proyeksi kebutuhan dilakukan dengan pendekatan engineeringeconomicsehingga proyeksi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan seluruhfaktor dan pengaruh atas simulasi skenario kebijakan dapat terlihat dengan jelas.Dengan melakukan pemodelan energi maka diperoleh proyeksi pertumbuhankendaraan di tahun 2035 meningkat sebesar 158% dibandingkan tahun 2012menjadi 149,2 juta kendaraan dengan kebutuhan energi final sebesar 180,3 juta kiloliter dan emisi CO2 sebesar 423,79 juta ton. Skenario 4 yaitu peralihan modatransportasi pribadi menjadi transportasi masal memberikan penghematan energidan reduksi emisi terbesar dalam periode tahun 2013-2035 yaitu 5,32% dan 5,83%. ABSTRACT Vehicle growth increased significantly up to fourfold causing the fuel consumptionincreased dramatically including fuel subsidies in the land transportation sector.This study aims to obtain projected number of land transport modes, energydemand, CO2 emissions and effective policy alternative to reduce energyconsumption and CO2 emissions in the year 2035. Because of worldwide energyuse changed dramatically in the past 20 years, the projection is done up to year 2035with assumption that all variables are still considered valid. Considering dataavailability, diversity of transportion modes, type of vehicle, efficiency and otherdriving factors, energy projection is calculated using engineering-economicapproach as the projection can be made by considering all the factors and the impactof the simulated policy scenarios can be seen clearly. The results of energymodeling are as follows: the projected growth of vehicles in year 2035 increasedby 158% over year 2012 to 149.2 million vehicles with the final energyconsumption of 180.3 million kilo liters and CO2 emissions amounted to 423.79million tons. The Scenario 4 which is the switching from personal transportationinto mass transportation policy give the bigest energy savings and emissionreductions in period of 2013-2035 by 5.32% and 5.83%. |
![]()
|
No. Panggil : | T42051 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 107 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42051 | 15-23-57578916 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389454 |