ABSTRAK Latar Belakang: Laporan SDKI 2012 menunjukkan bahwa angka kematian ibu diIndonesia sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini meningkat secarasignifikan dibandingkan lima tahun lalu dari 228 di tahun 2007. Penurunan angkakematian ibu (AKI) tidak lepas dari peran seorang bidan. Untuk mendapatkan kualitasbidan yang baik diperlukan sebuah metode untuk mengevaluasi kemampuan bidandalam menolong persalinan. Metode evaluasi yang tepat memiliki peran yang besaruntuk mengetahui kualitas bidan di Indonesia. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk membandingkan keandalan Metode Objective Struktured Clinical Examination(OSCE) dengan metode konvensional tentang ujian praktek klinik asuhan persalinannormal pada mahasiswa kebidanan. Metode: Metode yang diguanakan dalam penelitianini adalah desain kuasi eksperimen . Pelaksanaan metode konvensional dan OSCEdilakukan pada 9 siswa terdaftar dalam ujian ini dengan 6 penguji untuk metodekonvensional dan 18 penguji untuk metode OSCE, dengan komposisi disetiap stationujian berjumlah 3 orang penguji. Perspektif mahasiswa dan penguji, fisibilitas untukmetode konvensional dan OSCE serta variasi antara pemeriksa di setiap stasion diakandigali dalam penelitian ini. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode OSCEdinilai lebih reliable dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini sesuai denganhasil uji anova dengan nilai p > 0.05, yang artinya tidak ada perbedaan penilaian antarpenguji. Berdasarkan fisibilitas institusional, metode konvensional dinilai lebih fisibleuntuk diimplementasikan di bandingkan dengan metode OSCE. Namun mahasiswaberpendapat bahwa metode OSCE dinilai lebih objektif (100%), konsisten (100%)tingkat pengajaran ditingkatkan (88,9%), transparansi hasil ujian (100%), meningkatkankemampuan pengambilan keputusan (88,8%), dibandingkan dengan metodekonvensional. Kesimpulan: Metode OSCE dapat digunakan sebagai metode yang tepatdalam mengevaluasi persalinan keterampilan karena lebih reliable dibandingkan denganmetode konvensional. OSCE dapat digunakan sebagai evaluasi karena metode inimemiliki beberapa keunggulan seperti meningkatkan kemampuan klinis mahasiswa,mempersiapkan kualitas dan kompetensi yang tinggi, meningkatkan kemampuanpengambilan keputusan dan meningkatkan tingkat pengajaran yang lebih baikdibandingkan dengan metode konvensional. ABSTRACT Background : The 2012 DHS survey report that Indonesia’s MMR is 359 deaths per100.000 live birth. That number has significantly increased over the past five years from228 in 2007. Midwives has significant roles to reduce MMR. To get a good quality ofmidwives, its required some method to evaluate skilled birth attendants of midwives.Using the right method of evaluation plays a considerable role in getting appropriateresult and making the right judgment. Aim : The aim of the study was to compare thereliability of Objective Structural Clinical Examination (OSCE) method versusconventional method for clinical midwife students examination about skill birthattendance at midwifes student. Method : Quasi experimental design was adopted.Implementation of conventional and OSCE method was carried out on 9 student enrolledin this exam with 6 examiner for conventional method and 18 examiner for OSCEmethod, with 3 examiner composition in every exam station. Student and Examinerperspective, feasibility for conventional and OSCE method and variation betweenexaminer in every station were investigated. Result : The result show that, OSCEmethod is more reliable than conventional method. This result related with the result ofANOVA test with p value > 0.05, it means there is no differences between examiners.Base on feasibility of institution, conventional method is more feasible to implementthan OSCE method. But student opinion said that OSCE measurement is more objective(100%), consistent (100%) enhanced teaching level (88.9%), transparency of examresult (100%), increasing decision making ability (88.8%), than the conventionalmethod. Conclusion : OSCE method can be used as appropriate method in evaluatingskill birth attendance because of more reliable than conventional method. OSCE can beus as an evaluation because this method has some advantages such as improving studentclinical performance, preparing highly qualified and competence, increasing decisionmaking abilities and enhance teaching level more better than conventional method. |