:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas cognitive behavior therapy untuk menurunkan public speaking anxiety pada mahasiswa = The effectiveness of cognitive behavior therapy to reduce public speaking anxiety in college students

Dana Melisa; Siti Dharmayati B. Utoyo, supervisor; Erida Rusli, supervisor; Dini Rahma Bintari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemberian teknik Cognitive
Behavioral Therapy (CBT) dalam menurunkan public speaking anxiety yang
dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest design,
dimana peneliti melihat perubahan skor partisipan saat pre-test dan post-test
dengan menggunakan Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA).
Proses screening awal dilakukan dengan cara memberikan Interaction and
Audience Anxiousness Scale (IAS dan AAS), serta wawancara pada mahasiswa
yang berminat mengikuti proses screening. Setelah screening dilakukan,
terpilihlah tiga orang partisipan yang memenuhi kriteria partisipan penelitian dan
bersedia mengikuti intervensi CBT. Satu orang partisipan hanya mengikuti
intervensi hingga sesi ketiga sehingga hanya dua partisipan yang mengikuti
intervensi CBT sebanyak enam sesi. Hasil kualitatif dari penelitian ini
menunjukkan bahwa CBT terbukti efektif dalam menurunkan public speaking
anxiety pada mahasiswa.

ABSTRAK
The objective of this study is to evaluate the efficacy of Cognitive Behavioral
Therapy in reducing public speaking anxiety in college students. This study used
pretest-posttest design by Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA) to
measure the changes of anxiety levels between before and after intervention
process. Initial screening process is conducted by Interaction and Audience
Anxiousness Scale (IAS and AAS) as well as interviewed to college students.
There were three participants elected as research participants through screening
process. At the end of intervention process, one participant only attended until
session three. Only two participants who were attended six sessions of CBT. The
result of this study suggests that CBT is effective to reduced public speaking
anxiety in college students.

 File Digital: 1

Shelf
 T42032-Dana Melisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T42032
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 132 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42032 15-23-86810053 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389550