:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi sistem penilaian kinerja dengan menggunakan konsep levers of organization design pada PT Midi Utama Indonesia Tbk Cabang Bitung = The evaluation of performance measurement using levers of organization design concept in PT Midi Utama Indonesia Tbk Branch Bitung

Yessi Yunelia Rahmi; Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Timotius, examiner; Rafika Yuniasih, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penelitian ini berupa studi kasus pada sebuah perusahaan retail, yaitu PT Midi Utama Indonesia, Tbk Cabang Bitung. Menjalankan bisnis retail, perusahaan didukung oleh cabang-cabangnya untuk memberikan kontribusi dalam memberikan kinerja terbaik. Setiap cabang beserta karyawan yang ada di dalam cabang akan berkompetisi untuk mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Manajer Cabang berperan dalam menilai dan mengevaluasi kinerja pada setiap karyawannya. Untuk menghindari penurunan kinerja, Manajer perlu memahami desain organisasi yang ada pada cabang. Penilaian kinerja pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan konsep Levers of Organization Design.
Hasil studi kasus pada PT Midi Utama Indonesia, Tbk Cabang Bitung menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan Key Performance Indicator (KPI) dalam menilai kinerja manajer. KPI yang digunakan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk cabang Bitung, belum memenuhi persyaratan KPI yang baik yaitu controllable. KPI yang digunakan Branch Manager telah sesuai dengan span of control yang ada pada Branch Manager. Sedangkan, KPI Distribution Center Manager, Area Manager, Area Coordinator masih belum sesuai dengan span of control masing-masing Manager. Oleh karena itu, Distribution Center Manager, Area Manager, Area Coordinator perlu didukung dengan bantuan dan dukungan dari departemen lain untuk mencapai target cabang.

This research is case study in retail company which is PT Midi Utama Indonesia, Tbk Branch Bitung. In running retail business, company supported by all branches to give contribution in giving the best performance. Every branch include the employee inside will compete to achieve target that established by company. Branch Manager will evaluate performance for every employee. The manager need to understand about organization design in branch to avoid performance decreasing. Performance measurement in this research analyzed by Levers of Organization Design Concept.
The result of this case study in PT Midi Utama Indonesia, Tbk Branch Bitung shows that company using Key Performance Indicator in measuring Manager performance. The current Key Performance Indicator in PT. Midi Utama Indonesia, Tbk Branch Bitung has not been appropriate with good criteria of Key Performance Indicator which is controllable. The current Key Performance Indicator of Branch Manager has been appropriate with span of control of Branch Manager. But, Key Performance Indicator of Distribution Center Manager, Area Manager, Area Coordinator has not been fully appropriate with span of control for every manager. Therefore, Distribution Center Manager, Area Manager, Area Coordinator need span of influence and span of support from another department to achieve branch target.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Yessi Yunelia Rahmi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 120 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-534323511 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389551