ABSTRAK RSIA Juliana merupakan salah satu rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJSKesehatan sebagai fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan. Dalam tiga bulan awalpelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). ditemukan beberapa kendala,diantaranya dalam proses pencetakan SEP, tarif INA-CBG’s lebih rendah dari tarifrumah sakit, pemberian pelayanan persalinan normal yang seharusnya dilakukan difaskes pertama. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran penyelenggaraanJKN di RSIA Juliana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik denganmenggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian secara keseluruhan implementasiberjalan baik,beberapa yang masih menjadi kendala diantaranya, peserta tidaklengkap membawa persyaratan. Dari pelayanan manfaat jaminan kesehatan, Obatobatantidak semuanya mengacu pada formularium nasional. Standar OperasionalProsedur pelayanan JKN di rumah sakit belum lengkap. Dari biaya dan pembayaranmanfaat, tarif INA-CBG’s lebih rendah dari tarif rumah sakit. Cost sharing yangtinggi. BPJS Kesehatan tidak tepat waktu dalam pembayaran klaim ke rumah sakit.Saran hasil penelitian ini, BPJS Kesehatan meningkatkan sosialisasi prosedurpelayanan kepada peserta, menyediakan BPJS Center di rumah sakit dan perbaikanwaktu pembayaran ke rumah sakit. Kemenkes melakukan evaluasi tarif INA-CBG’sdan Formularium Nasional, melakukan pengawasan terhadap ketersediaan obatdilapangan, menyusun SOP. Rumah sakit menyusun SOP, meningkatkan efisiensidan menghitung unit cost. ABSTRACT Juliana RSIA as one of the private hospital that has been making corporation withhealthy BPJS as the health facilities for the second referral. The first of tree monthsholding national health insurance (JKN) were founded many problems, among of SEPprinting process, Ina-CBG’s rates which are lower than hospital rate. The normalservices of children should be done as the first health facilities. The purposes of thisthesis (research) to get the viewing of representing of health insurance at RSIAJuliana. This is a descriptive analytic research which applied qualitative method. Theresult of this reaserch overall implementation has been running very well. some ofthem are still a constraint, the participants did not complete carrying requirements. Ofhealth care insurance benefits, not all drugs refer to the national formulary. StandardOperating Procedure JKN services in hospitals is not yet complete. Payment of costsand benefits, INA-CBG's rate is lower than hospital rates. High cost sharing. HealthBPJS not timely claims payment to the hospital. Advice on these results, increasesocialization procedures BPJS Health services to participants, providing BPJS Centerin hospitals and improvement of payment to the hospital. Ministry of Health toevaluate rates INA-CBG's and National Formulary, monitoring the availability ofdrugs in the field, preparing SOP. Hospitals prepare SOP, improve efficiency andcalculate the unit cost. |