Kajian edukasi peranan teknologi informasi dan komunikasi di museum telekomunikasi = Study of the educational role of information and communication technologies in the telecommunications museum / Niken Mahardhika
Niken Mahardhika;
Wanny Rahardjo Wahyudi, supervisor; Kresno Yulianto Soekardi, examiner; Noerhadi Magetsari, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai edukasi peranan teknologi informasi dankomunikasi secara umum kepada masyarakat. Peranan tersebut mencakuppemanfaatan dan penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi dalamberbagai bidang kehidupan di masyarakat. Lokasi penelitian ini adalah MuseumTelekomunikasi yang terletak di Taman Mini “Indonesia Indah”, Jakarta Timur.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tesis ini merupakanbentuk penelitian yang mengangkat isu-isu terkini yang belum dapat ditampilkandi museum, mengingat kondisi masyarakat yang cepat menerima informasi danperkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia yang tergolongcukup pesat, hal ini dapat menimbulkan berbagai dampak baik positif maupunnegatif. Dari hasil analisis penelitian dengan menggunakan teori pembelajarankonstruktivis dapat disimpulkan bahwa edukasi teknologi informasi dankomunikasi melalui ekshibisi penggunaan perangkat teknologi informasi dankomunikasi digital dan aplikasi software dalam memberikan informasimemberikan nilai tambah tersendiri bagi metode pembelajaran di museum. ABSTRACT This thesis discusses study of the educational role of information andcommunication technologies in general communication to the public. The rolecovers the use and misuse of information and communication technologies invarious areas of life in society. The location of this research is theTelecommunications Museum is located in Taman Mini "Indonesia Indah", EastJakarta. This research is a qualitative descriptive study. This thesis is a form ofresearch that address current issues that can not be displayed in the museum,given the condition of the people who quickly receive the information and thedevelopment of information and communication technology in Indonesia, whichis quite rapid, it can cause a variety of impacts, both positive and negative. Fromthe analysis of the study using constructivist learning theory can be concluded thateducation through information and communication technology exhibition devicesuse digital information and communication technologies and software applicationsto provide information provide added value for learning methods in the museum. |
T42073-Niken Mahardhika.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42073 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 136 pages : illustration ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42073 | 15-23-82265655 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389564 |