Hubungan peran pembimbing klinik RSUD Karawang dengan pelaksanaan keselamatan pasien oleh mahasiswa STIKES Kharisma Karawang = Clinical instructor role relationship with patient safety implementation by students in Hospital Karawang / Lilis Suryani
Lilis Suryani;
Hanny Handayani, supervisor; Sutanto Priyo Hastono, supervisor; Dewi Irawati Soeria Santoso, examiner; Prayetni, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Pembimbing klinik sangat berperan dalam proses pembelajaran mahasiswa yangmelaksanakan tindakan langsung kepada pasien di rumah sakit. Penelitian inibertujuan untuk mengidentiftkasi hubungan peran pembimbing klinik denganpelaksanaan keselamatan pasien oleh mahasiswa di rumah sakit. Respondenpenelitian sebanyak 196 mahasiswa tingkat akhir Stikes terdiri dari 38 mahasiswaNers, 56 mahasiswa D3 Keperawatan, dan 102 mahasiswa D3 Kebidanan. Semuamahasiswa melaksanakan praktik di rumah sakit yang sama. Desain penelitiancross seksional. Hasil penelitian dengan regresi logistik didapatkan ada hubunganbermakna antara peran pembimbing klinik dengan pelaksanaan keselamatanpasien yang dilaksanakan oleh mahasiswa setelah dikontrol dengan jenispendidikan (p = 0,02; CI=1,19-3,71). Rekomendasi dari hasil penelitian antaralain perlu ditingkatkan peran pembimbing klinik dan pelaksanaan keselamatanpasien oleh mahasiswa. ABSTRACT Clinical instructor has an important role in student's learning process inimplementing direct intervention toward patient within the hospital. The purposeof this study is to determine thecorrelation between the role of clinical instructorand patient safety implementation by the studentin Karawang district hospital.This is descriptive correlational method which is recruited 196 students in theirfinal year in STIKES Kharisma Karawang as respondents. These respondentswere studying in bachelor nursing 38 students, diploma nursing 56 student anddiploma in midwifery program 102 student. The result shows significantcorrelation between the role of clinical instructor and patient safetyimplementation by the student where education as a confounding factor werecontrolled (p = 0,02; CI=1,19-3,71).It is recommended that training for clinicalinstructor in patient safety and evaluation. |
T41965-Lilis Suryani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T41965 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vi, 95 pages ; illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T41965 | 15-23-66108986 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20389930 |