Pengalaman saudara kandung (sibling) dari anak penyandang disabilitas fisik dan atau intelektual = The experience of (siblings) of children with physical and or intellectual disability / Lince Siringo Ringo
Siringoringo, Lince;
Fajar Tri Waluyanti, supervisor; Yati Afiyanti, supervisor; Nani Nurhaeni, examiner; Lina Dewi Anggraeni, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Saudara kandung (sibling) dari anak penyandang disabilitas fisik dan atauintelektual merupakan anak yang rentan terhadap berbagai masalah baik fisik,psikis maupun sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secaramendalam pengalaman sibling dari anak penyandang disabilitas fisik dan atauintelektual. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, jumlahpartisipan 8 orang, usia 9-23 tahun. Analisis data menggunakan metode Colaizzidan menghasilkan enam tema penelitian yaitu: 1) Mengenal kecacatan yangdialami saudara kandungnya, 2) penerimaan sibling terhadap kecacatan saudarakandungnya, 3) sibling sebagai pengasuh saudara kandungnya yang cacat, 4)hubungan keseharian sibling dan saudara kandungnya, 5) respon lingkunganterhadap sibling dan kecacatan saudara kandungnya, 6) harapan sibling terhadapsaudara kandungnya yang cacat. Pengalaman sibling merupakan bagian pentingdan dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan asuhan yang berpusat padakeluarga. Berdasarkan temuan tema pada penelitian ini perawat diharapkan dapatmeningkatkan asuhan yang berpusat pada keluarga dengan melibatkan orang tuasecara penuh, termasuk sibling ABSTRACT Siblings of children with physical and/ or intellectual disabilities are children are susceptible to avariety of problems, either physical, psychological or social. The purpose of this study is toexplore in depth experience sibling of a child with disabilities or physical and intellectual.Fenomology a qualitative research approach, the number of participants 8 people, age range 9-23years. Analysis of the data using Colaizzi method and produces six research themes are: 1) Knowthe disability experienced by siblings, 2) acceptance sibling against sibling disability, 3) sibling ascaregiver siblings with disabilities, 4) and sibling relationships siblings daily, 5 ) response to theenvironment and disability sibling, 6) expectation disabled sibling against sibling. Siblingexperience is an important part that can be used as a reference for family-centered care. Based onthe findings of this research theme in nurse |
T42062-Lince Siringo Ringo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42062 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 84 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42062 | 15-23-68141714 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390112 |