:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Proposal strategi bagi AMZ untuk lebih kompetitif dan mempertahankan posisi sebagai market leader pada industri niaga gas bumi di Indonesia = Proposal of a strategy to make AMZ competitive and maintain as market leader in the Indonesian natural gas trading industry

Simanjuntak, Jannes Pandapotan; Anh Dung (Andy) Do, supervisor; Aswin Dewanto Hadisumarto, promotor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[ABSTRACT
PT AMZ is an enterprise doing its business in natural gas trading industry.
The diminishing of oil subsidy has created strong preference toward enhancement
of natural gas utilization. Moreover the issuance and implementation of several
regulations and policies by Government of Indonesia have changed the industry
inducing many new enterprises entering the industry which increases competition
level against AMZ as a gas trader.
This research is aiming to analyze the external environment and internal of AMZ
in doing natural gas trading business; to define AMZ?s sustainable competitive
advantage and to provide recommendation on what should AMZ strategy be
within the next 5 years to win competition and maintain its position as market
leader. The primary data for this research is taken from semi structured in-depth
interview to AMZ stakeholders, while secondary data is gathered from many
references such as company website, company?s press release and/or reports
(i.e: annual reports), newspaper, magazines, bulletin, articles, websites related to
natural gas industry. There are several analysis conducted in this research :
PESTEL analysis, Porter?s Five Forces analysis, Resource Based View (RBV)
analysis, SWOT analysis; by which later used by the Author to formulate
the strategy.
This research concludes that there are many new enterprises entering the industry;
and government regulations/policies create impact on AMZ business in the natural
gas trading industry. It also reveals AMZ sustainable competitive advantage such
as : (i) AMZ financial strength; (ii) its widely interconnected gas infrastructures;
(iii) its business model bundling natural gas distribution and natural gas trading
activities; (iv) its knowledge and experience as efficient and effective natural gas
trading enterprise. Moreover, this research provides recommendation of strategy
for AMZ within the next 5 years so that AMZ can win competition and maintain
its position as market leader.

ABSTRAK
PT AMZ merupakan suatu badan usaha yang bergerak pada industri niaga gas
bumi. Pengurangan subsidi bahan bakar minyak bumi menciptakan pilihan yang
kuat terhadap peningkatan pemanfaatan gas bumi. Terlebih lagi penerbitan dan
pelaksanaan beberapa peraturan dan kebijakan oleh Pemerintah Indonesia telah
menyebabkan banyak badan usaha baru memasuki industri niaga gas bumi yang
menaikkan tingkat persaingan terhadap AMZ sebagai trader gas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan eksternal dan internal
AMZ di dalam melakukan usaha niaga gas bumi; menentukan keunggulan
kompetitif berkelanjutan yang dimiliki AMZ dan memberikan rekomendasi terkait
strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk memenangkan kompetisi
dan mempertahankan posisi AMZ sebagai market leader. Data primer penelitian
ini diperoleh melalui semi structured in-depth interview terhadap stakeholders
AMZ kecuali pelanggan, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa
sumber seperti website perusahaan, press release dan atau laporan perusahaan
(misal : laporan tahunan), surat kabar, majalah, buletin, artikel, website terkait
industri gas bumi. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisa : analisa
PESTEL, analisa Porter?s Five Forces, analisa Resource Based View (RBV),
analisa SWOT; yang selanjutnya dijadikan sebagai acuan oleh Penulis dalam
memformulasikan strategi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa telah banyak badan usaha baru memasuki
industri niaga gas bumi; dan peraturan/kebijakan pemerintah menimbulkan
pengaruh terhadap bisnis AMZ di dalam industri niaga gas bumi. Penelitian ini
juga menyatakan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki oleh AMZ
seperti : (i) kekuatan kinerja keuangan; (ii) infrastruktur gas yang tersebar dan
saling berhubungan; (iii) model bisnis yang menggabungkan usaha distribusi dan
niaga gas bumi; (iv) pengetahuan dan pengalaman sebagai badan usaha niaga gas
bumi yang efisien dan efektif. Selain itu, penelitian ini mengajukan beberapa
rekomendasi strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk
memenangkan persaingan dan mempertahankan posisi sebagai market leader;PT AMZ merupakan suatu badan usaha yang bergerak pada industri niaga gas
bumi. Pengurangan subsidi bahan bakar minyak bumi menciptakan pilihan yang
kuat terhadap peningkatan pemanfaatan gas bumi. Terlebih lagi penerbitan dan
pelaksanaan beberapa peraturan dan kebijakan oleh Pemerintah Indonesia telah
menyebabkan banyak badan usaha baru memasuki industri niaga gas bumi yang
menaikkan tingkat persaingan terhadap AMZ sebagai trader gas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan eksternal dan internal
AMZ di dalam melakukan usaha niaga gas bumi; menentukan keunggulan
kompetitif berkelanjutan yang dimiliki AMZ dan memberikan rekomendasi terkait
strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk memenangkan kompetisi
dan mempertahankan posisi AMZ sebagai market leader. Data primer penelitian
ini diperoleh melalui semi structured in-depth interview terhadap stakeholders
AMZ kecuali pelanggan, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa
sumber seperti website perusahaan, press release dan atau laporan perusahaan
(misal : laporan tahunan), surat kabar, majalah, buletin, artikel, website terkait
industri gas bumi. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisa : analisa
PESTEL, analisa Porter?s Five Forces, analisa Resource Based View (RBV),
analisa SWOT; yang selanjutnya dijadikan sebagai acuan oleh Penulis dalam
memformulasikan strategi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa telah banyak badan usaha baru memasuki
industri niaga gas bumi; dan peraturan/kebijakan pemerintah menimbulkan
pengaruh terhadap bisnis AMZ di dalam industri niaga gas bumi. Penelitian ini
juga menyatakan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki oleh AMZ
seperti : (i) kekuatan kinerja keuangan; (ii) infrastruktur gas yang tersebar dan
saling berhubungan; (iii) model bisnis yang menggabungkan usaha distribusi dan
niaga gas bumi; (iv) pengetahuan dan pengalaman sebagai badan usaha niaga gas
bumi yang efisien dan efektif. Selain itu, penelitian ini mengajukan beberapa
rekomendasi strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk
memenangkan persaingan dan mempertahankan posisi sebagai market leader, PT AMZ merupakan suatu badan usaha yang bergerak pada industri niaga gas
bumi. Pengurangan subsidi bahan bakar minyak bumi menciptakan pilihan yang
kuat terhadap peningkatan pemanfaatan gas bumi. Terlebih lagi penerbitan dan
pelaksanaan beberapa peraturan dan kebijakan oleh Pemerintah Indonesia telah
menyebabkan banyak badan usaha baru memasuki industri niaga gas bumi yang
menaikkan tingkat persaingan terhadap AMZ sebagai trader gas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan eksternal dan internal
AMZ di dalam melakukan usaha niaga gas bumi; menentukan keunggulan
kompetitif berkelanjutan yang dimiliki AMZ dan memberikan rekomendasi terkait
strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk memenangkan kompetisi
dan mempertahankan posisi AMZ sebagai market leader. Data primer penelitian
ini diperoleh melalui semi structured in-depth interview terhadap stakeholders
AMZ kecuali pelanggan, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa
sumber seperti website perusahaan, press release dan atau laporan perusahaan
(misal : laporan tahunan), surat kabar, majalah, buletin, artikel, website terkait
industri gas bumi. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisa : analisa
PESTEL, analisa Porter?s Five Forces, analisa Resource Based View (RBV),
analisa SWOT; yang selanjutnya dijadikan sebagai acuan oleh Penulis dalam
memformulasikan strategi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa telah banyak badan usaha baru memasuki
industri niaga gas bumi; dan peraturan/kebijakan pemerintah menimbulkan
pengaruh terhadap bisnis AMZ di dalam industri niaga gas bumi. Penelitian ini
juga menyatakan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki oleh AMZ
seperti : (i) kekuatan kinerja keuangan; (ii) infrastruktur gas yang tersebar dan
saling berhubungan; (iii) model bisnis yang menggabungkan usaha distribusi dan
niaga gas bumi; (iv) pengetahuan dan pengalaman sebagai badan usaha niaga gas
bumi yang efisien dan efektif. Selain itu, penelitian ini mengajukan beberapa
rekomendasi strategi bagi AMZ pada periode 5 tahun kedepan untuk
memenangkan persaingan dan mempertahankan posisi sebagai market leader]

 File Digital: 1

Shelf
 T-Jannes Pandapotan Simanjuntak.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 82 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-583419253 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390125