Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | unmediated (rdacontent); Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | xv, 114 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42069 | 15-23-70091485 | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390153 |
Abstrak
ABSTRAK
Penggunaan bahan ajar yang tepat akan memudahkan proses belajar sehingga tujuan pemelajaran dapat dicapai. Penggunaan bahan ajar harus melalui proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar. Tesis ini melaporkan hasil studi kasus terhadap dua kelas pengajaran bahasa Inggris dan bertujuan untuk menyelidiki proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar yang dilakukan oleh pengajar serta persepsi pelajar terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar, khususnya dalam pengajaran kemahiran membaca. Selain itu, faktor pengalaman mengajar pengajar juga dijadikan sebagai salah satu variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa dalam pemilihan bahan ajar, pengajar pemula dan pengajar berpengalaman menjadikan faktor kesesuaian dengan materi pokok dan kemahiran bahasa pelajar sebagai kriteria utama dalam memilih bahan ajar untuk pengajaran kemahiran membaca. Dalam penyesuaian bahan ajar, kedua pengajar mengaku bahwa kemahiran bahasa pelajar juga menjadi faktor yang paling sering menyebabkan diperlukannya penyesuaian bahan ajar. Dalam penelitian itu terlihat bahwa pengalaman mengajar memberikan kematangan emosional kepada pengajar sehingga mereka menjadi ahli dalam mengelola kelas. Sementara itu, ditemukan juga bahwa secara umum pelajar di kedua kelas yang menjadi objek penelitian memiliki persepsi positif terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar pemula dan pengajar berpengalaman.
ABSTRACT
Decent use of materials will lead to a successful learning process and vice versa. Thus, teachers are required to first select the best material and then adapt it based on the learners? specific needs and learning context. This thesis reports on a case study that investigates the process of selecting and adapting learning materials by both novice and experienced teachers in the teaching of reading, as well as learners? perception toward teachers? use of learning materials. The findings show that in the materials selection process, novice and experienced teacher concluded that the compatibality to the curriculum and learners? language proficiency are the most important criteria in selecting reading materials. In the materials adaptation process, both teachers agreed that learners? language poficiency was the factor that most often make an adaptation process required. The findings show that in this research, teaching experience affects teachers? performance in the way that it give teachers emotional intelligence to manage and control the class well. Furthermore, the data from learners show that generally all learners in both classes have positive perception toward teachers? use of reading materials.
Penggunaan bahan ajar yang tepat akan memudahkan proses belajar sehingga tujuan pemelajaran dapat dicapai. Penggunaan bahan ajar harus melalui proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar. Tesis ini melaporkan hasil studi kasus terhadap dua kelas pengajaran bahasa Inggris dan bertujuan untuk menyelidiki proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar yang dilakukan oleh pengajar serta persepsi pelajar terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar, khususnya dalam pengajaran kemahiran membaca. Selain itu, faktor pengalaman mengajar pengajar juga dijadikan sebagai salah satu variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa dalam pemilihan bahan ajar, pengajar pemula dan pengajar berpengalaman menjadikan faktor kesesuaian dengan materi pokok dan kemahiran bahasa pelajar sebagai kriteria utama dalam memilih bahan ajar untuk pengajaran kemahiran membaca. Dalam penyesuaian bahan ajar, kedua pengajar mengaku bahwa kemahiran bahasa pelajar juga menjadi faktor yang paling sering menyebabkan diperlukannya penyesuaian bahan ajar. Dalam penelitian itu terlihat bahwa pengalaman mengajar memberikan kematangan emosional kepada pengajar sehingga mereka menjadi ahli dalam mengelola kelas. Sementara itu, ditemukan juga bahwa secara umum pelajar di kedua kelas yang menjadi objek penelitian memiliki persepsi positif terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar pemula dan pengajar berpengalaman.
ABSTRACT
Decent use of materials will lead to a successful learning process and vice versa. Thus, teachers are required to first select the best material and then adapt it based on the learners? specific needs and learning context. This thesis reports on a case study that investigates the process of selecting and adapting learning materials by both novice and experienced teachers in the teaching of reading, as well as learners? perception toward teachers? use of learning materials. The findings show that in the materials selection process, novice and experienced teacher concluded that the compatibality to the curriculum and learners? language proficiency are the most important criteria in selecting reading materials. In the materials adaptation process, both teachers agreed that learners? language poficiency was the factor that most often make an adaptation process required. The findings show that in this research, teaching experience affects teachers? performance in the way that it give teachers emotional intelligence to manage and control the class well. Furthermore, the data from learners show that generally all learners in both classes have positive perception toward teachers? use of reading materials.