:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi kasus pemilihan dan penyesuaian bahan ajar dalam pengajaran kemahiran membaca pengajar pemula dan pengajar berpengalaman = A case study of materials selection and adaptation process in the teaching of reading by novice and experienced teacher / Fauziatul Husna

Fauziatul Husna, authoor; Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; Khunou, Grace; F.X. Rahyono, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Penggunaan bahan ajar yang tepat akan memudahkan proses belajar
sehingga tujuan pemelajaran dapat dicapai. Penggunaan bahan ajar harus melalui
proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar. Tesis ini melaporkan hasil studi
kasus terhadap dua kelas pengajaran bahasa Inggris dan bertujuan untuk
menyelidiki proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar yang dilakukan oleh
pengajar serta persepsi pelajar terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar,
khususnya dalam pengajaran kemahiran membaca. Selain itu, faktor pengalaman
mengajar pengajar juga dijadikan sebagai salah satu variabel dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa dalam pemilihan bahan ajar,
pengajar pemula dan pengajar berpengalaman menjadikan faktor kesesuaian
dengan materi pokok dan kemahiran bahasa pelajar sebagai kriteria utama dalam
memilih bahan ajar untuk pengajaran kemahiran membaca. Dalam penyesuaian
bahan ajar, kedua pengajar mengaku bahwa kemahiran bahasa pelajar juga
menjadi faktor yang paling sering menyebabkan diperlukannya penyesuaian
bahan ajar. Dalam penelitian itu terlihat bahwa pengalaman mengajar memberikan
kematangan emosional kepada pengajar sehingga mereka menjadi ahli dalam
mengelola kelas. Sementara itu, ditemukan juga bahwa secara umum pelajar di
kedua kelas yang menjadi objek penelitian memiliki persepsi positif terhadap
penggunaan bahan ajar oleh pengajar pemula dan pengajar berpengalaman.

ABSTRACT
Decent use of materials will lead to a successful learning process and vice
versa. Thus, teachers are required to first select the best material and then adapt it
based on the learners’ specific needs and learning context. This thesis reports on a
case study that investigates the process of selecting and adapting learning
materials by both novice and experienced teachers in the teaching of reading, as
well as learners’ perception toward teachers’ use of learning materials. The
findings show that in the materials selection process, novice and experienced
teacher concluded that the compatibality to the curriculum and learners’ language
proficiency are the most important criteria in selecting reading materials. In the
materials adaptation process, both teachers agreed that learners’ language
poficiency was the factor that most often make an adaptation process required.
The findings show that in this research, teaching experience affects teachers’
performance in the way that it give teachers emotional intelligence to manage and
control the class well. Furthermore, the data from learners show that generally all
learners in both classes have positive perception toward teachers’ use of reading
materials.

 File Digital: 1

Shelf
 T42069-Fauziatul Husna.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T42069
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 114 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T42069 15-23-70091485 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390153