Studi kasus pemilihan dan penyesuaian bahan ajar dalam pengajaran kemahiran membaca pengajar pemula dan pengajar berpengalaman = A case study of materials selection and adaptation process in the teaching of reading by novice and experienced teacher / Fauziatul Husna
Fauziatul Husna, authoor;
Sisilia Setiawati Halimi, supervisor; Khunou, Grace; F.X. Rahyono, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penggunaan bahan ajar yang tepat akan memudahkan proses belajarsehingga tujuan pemelajaran dapat dicapai. Penggunaan bahan ajar harus melaluiproses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar. Tesis ini melaporkan hasil studikasus terhadap dua kelas pengajaran bahasa Inggris dan bertujuan untukmenyelidiki proses pemilihan dan penyesuaian bahan ajar yang dilakukan olehpengajar serta persepsi pelajar terhadap penggunaan bahan ajar oleh pengajar,khususnya dalam pengajaran kemahiran membaca. Selain itu, faktor pengalamanmengajar pengajar juga dijadikan sebagai salah satu variabel dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa dalam pemilihan bahan ajar,pengajar pemula dan pengajar berpengalaman menjadikan faktor kesesuaiandengan materi pokok dan kemahiran bahasa pelajar sebagai kriteria utama dalammemilih bahan ajar untuk pengajaran kemahiran membaca. Dalam penyesuaianbahan ajar, kedua pengajar mengaku bahwa kemahiran bahasa pelajar jugamenjadi faktor yang paling sering menyebabkan diperlukannya penyesuaianbahan ajar. Dalam penelitian itu terlihat bahwa pengalaman mengajar memberikankematangan emosional kepada pengajar sehingga mereka menjadi ahli dalammengelola kelas. Sementara itu, ditemukan juga bahwa secara umum pelajar dikedua kelas yang menjadi objek penelitian memiliki persepsi positif terhadappenggunaan bahan ajar oleh pengajar pemula dan pengajar berpengalaman. ABSTRACT Decent use of materials will lead to a successful learning process and viceversa. Thus, teachers are required to first select the best material and then adapt itbased on the learners’ specific needs and learning context. This thesis reports on acase study that investigates the process of selecting and adapting learningmaterials by both novice and experienced teachers in the teaching of reading, aswell as learners’ perception toward teachers’ use of learning materials. Thefindings show that in the materials selection process, novice and experiencedteacher concluded that the compatibality to the curriculum and learners’ languageproficiency are the most important criteria in selecting reading materials. In thematerials adaptation process, both teachers agreed that learners’ languagepoficiency was the factor that most often make an adaptation process required.The findings show that in this research, teaching experience affects teachers’performance in the way that it give teachers emotional intelligence to manage andcontrol the class well. Furthermore, the data from learners show that generally alllearners in both classes have positive perception toward teachers’ use of readingmaterials. |
T42069-Fauziatul Husna.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T42069 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 114 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42069 | 15-23-70091485 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390153 |