Pengaruh faktor ramah lingkungan terhadap kesediaan membeli produk Batik pada harga premium = The impact of eco friendly factors towards willingness to buy premium Batik product
Dessy Alphatonia Christy;
Ahdia Amini, supervisor; Tengku Ezni Balqiah, examiner; Nurdin Sobari, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)
|
Tesis ini membahas tentang faktor ramah lingkungan yang ada pada batik. Dengan gap penelitian yang berhubungan dengan kinerja pengrajin batik dan kesediaan membeli produk batik pada harga premium oleh konsumen. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa masih kurangnya pengetahuan konsumen terhadap isu keunikan dan ramah lingkungan pada batik. Meskipun begitu, konsumen tetap menunjukkan dukungan dan kesediaan membeli produk batik berkualitas yang diproduksi dari praktek bisnis yang melakukan tanggung jawab lingkungan. Tesis ini menyarankan kepada produsen batik untuk menciptakan nilai lebih seperti nilai emosional yang bisa membuat batik sebagai identitas Indonesia. Sedangkan untuk para konsumen, diharapkan untuk lebih menghargai batik Indonesia dan bisa dibanggakan pada komunitas Internasional. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan kepercayaan terhadap faktor ramah lingkungan tidak berpengaruh pada dukungan dan kesediaan membeli batik pada harga premium, hanyalah perhatian yang berpengaruh signifikan. This thesis analyzes ethical issues that related to eco friendly factors in Batik. The research gap has relation between the batik producer and willingness to buy high quality batik by customer. From the result, there are lack of customer knowledges about eco friendly factors. In spite of that, the customer still want to support and having intention to buy premium batik product which made by environmentally responsible business. This thesis suggest to the batik producer to create more values in batik like emotional value as Indonesian identity. For customer, this thesis suggest to more appreaciate to Indonesia Batik that can be proud in the International community. The result from this research, if knowledge and belief of eco friendly factors does not have impact on support and willingness to buy premium batik product. In other hand, the concern of eco friendly factor has impact to support and willingness to buy premium batik product. |
T-Pdf_Dessy_Alphatonia_Christy.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 96 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-000611148 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390347 |