:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker di Apotek Atrika Jalan Kartini Raya No. 34 Jakarta Pusat Periode 10 Maret – 17 April 2014 = Report of Apothecary Profession Internship at Apotek Atrika Jalan Kartini Raya No. 34 Jakarta Pusat on 10 March – 17 April 2014

Steven Sastradi; Retnosari Andrajati, supervisor (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Apotek merupakan suatu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi, perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. Pekerjaan kefarmasian yang dilakukan di apotek meliputi pengadaan, penyimpanan, peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, pelayanan obat atas resep dokter, dan pelayanan informasi obat. Sebuah apotek harus dikelola oleh seorang Apoteker Pengelola Apotek (APA) yang memiliki kompetensi yang memadai dan menguasai hal-hal tersebut. Tanggungjawab APA antara lain adalah memimpin seluruh kegiatan apotek, baik kegiatan teknis maupun non-teknis kefarmasian sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memastikan ketersediaan, penyimpanan, dan penyerahan sediaan farmasi yang bermutu baik dan keabsahannya terjamin. Apoteker di Apotek Atrika telah melakukan pengelolaan apotek sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, meliputi kegiatan perencanaan, pemesanan, penerimaan, pemberian harga, penyimpanan, pendistribusian, pencatatan persediaan, dan pelaporan. Untuk dapat menjamin pelayanan resep dilakukan dengan baik dan benar, apotek atrika menjalankan sistem HTKP (Harga, Timbang, Kemas, Penyerahan). Langkah pelayanan resep tersebut meliputi skrining resep, perhitungan harga obat, peracikan, pengemasan, dan penyerahan disertai dengan informasi obat.

Pharmacy is a facilities where pharmaceutical practice performed and distribution of pharmaceutical preparations, other medical supplies to the people. Pharmaceutical practice that done in the pharmacy include procurement, storage, compounding, conversion of drug dosage forms, mixing, prescription drug services, and drug information services. A pharmacy must be managed by a Apoteker Pengelola Apotek (APA) which has sufficient competence and control of these things. The responsibilities include leading all activities of pharmacy, both technical and non-technical pharmacy activities in accordance with applicable regulations and to ensure the availability, storage, and delivery of pharmaceutical preparations always in good quality and validity is assured. Pharmacist in Atrika pharmacy have done pharmacy management in compliance with applicable laws, includes planning, ordering, receiving, pricing, storage, distribution, inventory record keeping, and reporting of pharmaceutical preparations that included in the pharmacy. In order to ensure the prescription service done properly, atrika pharmacies apply HTKP system (Price, Scales, Pack, Delivery). Step recipe services include screening services, drug price calculation, compounding, packaging, and delivery along with drug information.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Steven Sastradi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 63 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-22-28101932 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20390777