:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penerapan teori peaceful end of life dan pengkajian edmonton symptom assessment system (ESAS) dalam asuhan keperawatan pada klien dengan kanker kolon di rumah sakit Kanker Dharmais Jakarta = Peaceful end of life theory application and edmonton symptom assessment system (ESAS) assessment in nursing care of the client with colon cancer at Dharmais Cancer hospital Jakarta

Napitupulu, Dame Lestaria; Agung Waluyo, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Kanker merupakan masalah kesehatan yang serius dan menjadi suatu masalah di dunia termasuk di Indonesia. Salah satu jenis kanker yang angkanya terus meningkat dari tahun ketahun dan dapat menyebabkan kematian diantaranya adalah kanker kolon. Klien dengan kanker kolon banyak ditemukan dengan jumlahnya cenderung meningkat setiap tahunnya. Hampir semua klien kanker kolon pada umumnya datang pada stadium yang sudah lanjut. Terkait hal tersebut, maka peran perawat spesialis keperawatan medikal bedah menjadi sangat penting dalam penatalaksanaan asuhan keperawatan dengan menggunakan pendekatan Peaceful End of Life Theory pada kanker kolon, penerapan pemberian akupresur pada titik P6 dan ST 36 dalam mengurangi mual muntah akibat kemoterpi sebagai bukti mutakhir dalam manajemen mual muntah, serta berperan aktif dalam program inovasi pengembangan pengkajian keperawatan yang terintegerasi dengan pengkajian ESAS yang berfokus pada masalah klinis klien kanker. Hasil analisis praktik menunjukkan bahwa Peaceful End of Life Theory sesuai diterapkan pada asuhan keperawatan pada klien kanker. Pemberian akupresur pada titik P6 dan ST 36 sangat efektif dalam mengurangi mual dan muntah akibat kemoterapi, dan format pengkajian keperawatan yang terintegerasi dengan pengkajian ESAS cukup komunikatif dalam menilai permasalahan klinis klien dengan kanker, sehingga dapat berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan keperawatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup klien dan perbaikan kinerja perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan pada area keperawatan onkologi.

Cancer is serious health problem in world wide, including Indonesia. One type of cancer that is increasing from year and which can to death include cancer of the colon. Most of the cancer colon pateint comes to the hospital in advance stage. Thas, medical surgical nursing specialist takes important role in nursing care management by PEOL approach on cancer colon, accupressure application on P6 and ST 36 points for reducing nausea vomit, and also actively role in inovation program of nursing assessment integrated with ESAS that focus on clinical problem of ca client. Accupressure on P6 and ST 36 points are very effective in reducing nausea and vomit because of chemotherapy and nursing assessment form that integrated with ESAS assessment communicative enough in screening clinical problem of the client with ca. So that affect nursing quality. The purposes are increasing client's quality of life and nursing service as nursing caregiver in oncology nursing area.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Dame Lestaria.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 92 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-24-15203710 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20391159