[Latar Belakang :Penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan perioperatifanestesia cukup kompleks dengan menggunakan kuesioner yang melibatkan berbagaiaspek kepuasan pasien, antara lain pemberian informasi, ketidaknyamanan danketakutan serta interaksi staf dan pasien. Kuesioner tersebut harus dilakukan validasiterlebih dahulu agar dapat diterapkan pada pasien di RSUPN Cipto Mangunkusumo.Tujuan penelitian ini adalah Mendapatkan tingkat kepuasan pasien dan mengetahuihubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan perioperatif anestesia diRSUPN Cipto Mangunkusumo.Metode : Sebanyak 120 pasien pascaoperasi elektif ikutserta dalam penelitian denganrancang potong lintang di RSUPN Cipto Mangunkusumo dengan menggunakankuesioner kepuasan, di mana 30 pasien dilakukan uji validitas dan reliabilitas.Penilaian kepuasan pasien dari perhitungan skor kepuasan dalam kuesioner.Hasil : Kuesioner kepuasan yang digunakan memiliki validitas yang baik dengannilai Cronbach alpha 0,923 dan koefisien korelasi 0,808-0,844 untuk item informasi,Cronbach alpha 0,335 untuk item ketidaknyamanan, Cronbach alpha 0,786 itemketakutan serta Cronbach alpha 1,000 item interaksi staf dan pasien. . Kepuasanpasien terhadap pemberian informasi berhubungan bermakna dengan jenis pembiusan(p<0,05).Kesimpulan : Pasien merasa puas terhadap pelayanan perioperatif anestesia terkaitpemberian informasi, juga terkait dengan interaksi staf dan pasien., Background : Measuring patient satisfaction on perioperative anesthesia care iscomplex, using questionnaires which consists on the aspects of patient satisfaction,such as giving information, discomfort, fear and staff-patient satisfaction. The aim ofthis study is getting to know the level of patient satisfaction and the correlationbetween the level of patient satisfaction with perioperative anesthetic care in CiptoMangunkusumo Hospital.Methods: A total of 120 elective postoperative patients participated in the study witha cross-sectional design in Cipto Mangunkusumo Hospital using a satisfactionquestionnaire, in which 30 patients were tested on the validity and reliability.Assessment of patient satisfaction were done by calculating the satisfaction score inquestionnaires.Results: The satisfaction questionnaire used has good validity with Cronbach's alphavalues of correlation coefficients 0.923 and 0.808 to 0.844 for the information items,Cronbach's alpha 0.335 for the discomfort items, Cronbach's alpha 0.786 for fearitems and Cronbach's alpha 1,000 for staff and patient interaction items. . Patientsatisfaction on information was related to the type of anesthesia (p <0.05).Conclusions:The patients satisfaction with the perioperative anesthetic care wererelated with the administration of information and the interaction of staff and patient.] |