[Penyakit infeksi dan malnutrisi yang terjadi pada anak merupakan hubungan yangsaling timbal balik. Anak dapat mengalami masalah ketidakadekuatan nutrisisehingga diperlukan konservasi agar anak dapat beradaptasi. Karya ilmiah inibertujuan memberikan gambaran asuhan keperawatan pada anak denganmenerapkan model konservasi Levine pada anak dengan infeksi yang mengalamiketidakadekuatan nutrisi. Asuhan keperawatan dilakukan melalui tahapan Levineyaitu pengkajian, merumuskan trophicognosis, merencanakan hipotesis,melaksanakan intervensi dan evaluasi respon organismik. Pembahasan dilakukanpada lima kasus, dengan hasil akhir menunjukkan bahwa anak mampu beradaptasimelalui konservasi terhadap perubahan yang terjadi namun evaluasi responorganismik berbeda tergantung pada kemampuan dan keparahan penyakit.Seorang perawat hendaknya memiliki kemampuan berpikir kritis dalammelaksanakan asuhan keperawatan., Infectious diseases and malnutrition in children have a reciprocal relationship.Children may experience inadequate nutritional problems. Therefore,conservation in children is important in adaptation. The aim of this paper wasto provide an overview of nursing care in children which applied Levine's modelof conservation on children with infections who experienced inadequatenutrition. Focus of the discussion was on the use of Levine's theory in meeting thechjldren's nutritional needs. Nursing care was done through the stages ofassessment , trophicognosis formulation, hypotheses plan, implementation andevaluation of the organismic responses.. The final result showed that the childrenwere able to adapt through the conservation, however the evaluation oforganismic responses different among them, depend on the ability and theseverity of the disease. Nurses' critical thinking skills are important inimplementing nursing care.] |