:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kebijakan manajemen koleksi di museum Nasional Indonesia

Nur Lina Chusna; Irmawati Marwoto, supervisor; Ali Akbar, supervisor; Noerhadi Magetsari, examiner; Wanny Rahardjo Wahyudi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tesis ini membahas mengenai kebijakan manajemen koleksi sebagai bagian dari fungsi museum. Kajian dilakukan terhadap manajemen Museum Nasional Indonesia, yang terletak di Jalan Medan Barat Jakarta 12, Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang diawali dengan gambaran mengenai Sejarah Museum Nasional, kebijakan-kebijakan yang dibuat serta regulasi yang mengatur mengenai manajemen koleksi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kebijakan dan prosedur manajemen koleksi yang terdiri dari kebijakan pengadaan, dokumentasi, konservasi dan restorasi. Berdasarkan kondisi tersebut, kebijakan manajemen koleksi Museum Nasional selama ini tidak terintegrasi, tidak detil dan rinci sehingga museum perlu membuat kebijakan tertulis mengenai manajemen koleksi dengan melengkapi kebijakan yang selama ini menjadi pedoman kerjanya. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan konsep baru dan rekomendasi mengenai kebijakan manajemen koleksi.

The focus of this thesis is about the collections management policy as a part of the museum functions. The object of the research is National Museum of Indonesia's management that located on Jalan Merdeka Barat number 12, jakarta. This reasearch is using descriptive qualitative methods. Started with the history of national museum of Indonesia, the policy and regulation that made to controlled all about the collection management. The analisis unit in this research is the procedure and policy of collection management which is consist of collecting, documentation, conservation, and restoration. Based on the condition above , the collection management policy of the national museum of Indonesia is not integrated, complete, and detail, so that the museum need to made an extra policy about collection management to improve the policy of the museum. Therefore the objective of this research is to give a new concept and recommendation about collection management of National Museum of Indonesia.

 Metadata

No. Panggil : T41449
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xvi, 144 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indoensia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T41449 15-18-414233408 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392437